Makassar Sabet Penghargaan Bidang Lingkungan Tingkat ASEAN

Rabu, 13 September 2017 | 01:05 Wita - Editor: Irwan Idris - Reporter: A Nita Purnama - GoSulsel.com

Makassar, Gosulsel.com – Adipura ASEAN kategori clean land berhasil diraih Kota Makassar. Penghargaan ini merupakan sejarah baru bagi Makassar setelah menerima penghargaan Adipura 3 kali berturut-turut. Penyerahan penghargaan dilakukan di Serambi Sulu Hall Pusat Latihan Kesenian dan Pertukangan, Bandar Aribegawan, Brunei Darussalam, Selasa (12/09/2017).

Didampingi Kabag Humas Pemkot Firman Pagarra, Wali Kota Makassar Danny Pomanto menerima penghargaan tersebut yang diserahkan langsung oleh The Minister of Development Hon Dato Seri Setia Awang Haji Bahrin Bin Abdullah.

pt-vale-indonesia

Kata Firman, penerimaan penghargaan ini merupakan rangkaian acara the 4th ASEAN Enviromentally Sustainable Cities (ESC) Award Presentation Ceremony and The Launching of the 5th ASEAN State of Environment Report. Penghargaan ini mengukir sejarah dan menjadi bukti bahwa Makassar selalu dua kali tambah baik.

“Saya rasa ini merupakan penghargaan yang patut diberikan kota Makassar melihat perubahan dan ide-ide yang selalu membuat Makassar melesat cepat,” ujarnya.

Direktur pengelolaan sampah KLHK, Sudirman mengapresiasi hasil yang didapatkan Kota Makassar selain kota Bandung, dan Malang.

“Saya berharap banyak bahwa kami dapat mencapai sukses dalam penghargaan ini, tidak saja untuk menyelesaikan masalah lingkungan, tapi juga untuk berkontribusi dalam perencanaan kota, pemerintahan yang baik,” tuturnya.

Sebelumnya, pemerintah mendaftarkan 10 kota di Indonesia untuk mengikuti uji coba Environmentally Sustainable Cities, semacam penghargaan Adipura untuk tiga kategori, clean land, clean air, dan clean water. Program ini merupakan tindak lanjut ASEAN Working Group on Environmentally Sustainable City (AWGESC) pada 2003 lalu.

Environmentally Sustanable City dimatangkan setelah pertemuan puncak Menteri Lingkungan di Asia Timur (10 negara Asean + Cina-India-Jepang-Korea-Australia-Selandia Baru).


BACA JUGA