Air terjun Topidi, yang terletak di Desa Bontolerung, Kecamatan Malino, Kabupaten Gowa.

Air Terjun Topidi, Eksotisme Alam Malino yang Natural

Rabu, 04 Oktober 2017 | 11:19 Wita - Editor: Baharuddin - Reporter: Citizen Reporter

Malino,GoSulsel.com – Air terjun Topidi, terletak di Desa Bontolerung, Kecamatan Tinggimoncong, Kabupaten Gowa masih begitu natural. Destinasi wisata alam ini cukup menarik untuk dikunjungi di Kawasan Malino.

Air terjun ini memiliki ketinggian sekitar 30 meter dengan lebar sekitar 10 meter. Wisata yang menyajikan keindahan ini tidak terlalu sulit untuk dicapai. Hanya membutuhkan sekitar 15 menit. Menuju air terjun Topidi juga bisa menjadi jalur alternatif menuju Lembah Ramma yang terletak di kaki gunung Bawakaraeng.

“Air terjun Topidi ini bisa menjadi destinasi alternatif selain dari air terjun Takapala dan Ketemu jodoh. Meski belum banyak wisatawan yang kenal air terjun Topidi, namun sudah mulai banyak yang kunjungi,” kata Camat Tinggimoncong, Andry Mauritz, saat dikonfirmasi, Rabu (4/10/2017).

Andry Mauritz mengatakan, air terjun yang terletak di Desa Bontolerung ini jaraknya hanya mencapai 5 Kilometer (Km) dari Ibukota Malino.

“Jarang air terjun ini tidak terlalu jauh, hanya membutuhkan waktu sekitar 15 menit, pengunjung bisa sampai ke lokasi,” kata mantan sfat Humas Pemkab Gowa itu.

Bagi pecinta alam dan menggemari kegiatan kemping atau berkemah di alam terbuka, kawasan air terjun ini sangat cocok. Berkemah di tengah alam, diselimuti angin sejuk Berastagi, dan pemandangan bukit dan pohon pinus menjadi moment tak terlupakan.

“Kawasan tersebut sudah dibuka untuk umum bagi wisatawan atau pengunjung, sisa menunggu polesan dari Dinas Kebudayaan dan Periwisata (Disbudpar),” pungkasnya.(*)


BACA JUGA