Peringati Bulan Kanker Payudara Sedunia, Priska Imbau Pemeriksa Sedini Mungkin

Selasa, 10 Oktober 2017 | 13:54 Wita - Editor: Baharuddin - Reporter: Afrilian Cahaya Putri - GoSulsel.com

Gowa, GoSulsel.com – Memperingati Bulan Kanker Payudara Sedunia (BKPS), PKK Gowa bekerja sama dengan Dinas Kesehatan Gowa, Puskesmas Somba Opu dan BPJS mengajak masyarakat untuk periksa kanker sedini mungkin, hal ini terkait tingginya tingkat kematian disebabkan oleh penyakit mematikan nomor satu di dunia ini.
 
Hal ini dihimbau oleh Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Gowa, Priska Paramita Adnan. Priska mengatakan bahwa perempuan memiliki resiko besar terkena kanker, hal ini disebabkan perubahan pola hidup.
 
“Untuk kanker payudara kita dapat memeriksa diri sendiri apakah ada benjolan di payudara. Saat pemeriksaan dan menemukan menjolan segera periksakan diri ke dokter,” himbau Priska saat berkunjung ke Puskesmas Somba Opu, Gowa. Selasa, (10/10/2017).
 
PKK Kabupaten Gowa juga melakukan pemeriksaan deteksi dini kanker mulut rahim melalui pemeriksaan Inspeksi Visual dengan Asan Asetat (IVA) mengingat perempuan juga rentan terkena kanker mulut rahim.
 
“Tes dengan cara ini memiliki kelebihan karena kesederhanaan teknik dan kemampuan memberikan hasil yang segera kepada pasien. Pemeriksaan IVA disarankan bagi wanita yang sudah memiliki keluhan pada alat kontrasepsi,” tambah istri Bupati Gowa, Adnan Purichta Ichsan.
 
Kadis Kesehatan Kabupaten Gowa, dr. Hasanuddin menambahkan, masyarakat bisa melakukan pemeriksaan IVA di Puskesmas yang tersebar di 18 kecamatan yang ada di Gowa.
 
“Puskesmas yang di Gowa menerima pemeriksaan IVA, bahkan yang dulunya cuma 6 puskesmas sekarang sudah dikembangkan menjadi 24 puskesmas,” jelasnya.
 
Bersamaan dengan peringatan Bulan Kanker Payudara Sedunia juga dilakukan penerimaan tim penilai puskesmas peduli kesehatan olahraga tingkat Prov Sulsel. Turut hadir dalam kegiatan ini, Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Kawaidah Alham dan Camat Somba Opu, Zubair Usman (*)