Menteri Perhubungan Hadiri Dialog di Unhas

Jumat, 27 Oktober 2017 | 23:31 Wita - Editor: Irfan Wahab - Reporter: Idayanti - Gosulsel.com

Makassar, Gosulsel.com – Universitas Hasanuddin menggelar dialog sinergi membangun bangsa dengan tema ‘Sulawesi Selatan Gerbang Konektivitas Indonesia Timur’, Jumat (27/10/2017).

Dialog ini dihadiri Mentri Perhubungan RI, Budi Karya Sumadi dan dihadiri Gubernur Sulsel Syahrul Yasin Limpo yang dipandu oleh Efendi Gazali.

Dalam acara ini Rektor Unhas Dwia Aries Tina Palubuhu dalam sambutannya mengatakan siap membantu untuk membangun transportasi baik laut darat dan udara, karena apabila konektivitas merupakan awal perbaikan seperti perbaikan ekonomi untuk indonesia.

Dalam dialog ini, Budi Karya Sumadi mengatakan ada beberapa yang telah dilakukan oleh Mentri Perhubungan dalam mengembangkan gerbang konektivitas Sulsel dari waktu kewaktu yaitu membangun bandara Sultan Hasanuddin dua kali lipat lebih besar,  pelabuhan juga telah dibangun dua kali lipat lebih besar dari sebelumnya dan sekarang sementara dibangun adalah kereta api pertama di Sulsel.

Sedangkan Gubernur Sulsel, SYL mengatakan bahwa dari Makassar hingga Papuat semua daerah memiliki emas,  minyak dan beras,  memiliki  berbagai jenis ikan dan sekarang kami sulsel beras sulsel telah di nikmati oleh 22 provinsi, laut darat kami baik jadi jadikan sulsel ini menjadi filar utama dan simpul jajarin kesejatraan indonesia dan kami dari sulsel ingin memberikan segalanya untuk indonesia.

Dalam dialog ini sepakat menghilangkan kata timur karna sulsel berkonektivitas ketimur dan kebarat sehingga tema dari dialog ini menjadi sulawesi selatan gerbang konektivitas indonesia.

Pada dialog ini mentri perhubungan dan gubernur sulsel sangat antusias terhadab pertanyaan-tanyaan yang dilontarkan oleh mahasisawa seperti pembenahan suatu daerah, tol laut yang diupayakan semakin meningkat sehingga membuat gerbang konektivitas ekonomi semakin meningkat tapi walaupun semakin banyak tol laut yang dibuka tidak mengurangi kewaspadaan terhadap barang barang yang leluar masuk indonesia.

Pelabuhan makassar saat ini merupakan salah satu pelabuhan yang memiliki tol laut terbesar di Indonesia. (*) 


BACA JUGA