Pemkab Gowa, Canangkan Gerakan Sadari Sejak Dini

Minggu, 12 November 2017 | 21:34 Wita - Editor: Baharuddin - Reporter: Afrilian Cahaya Putri - GoSulsel.com

Gowa, GoSulsel.com – Tim Penggerak PKK bekerja sama dengan Dinas Kesehatan Gowa, mencanangkan Gerakan Sadari (Periksa Payudara Sendiri).

Kegiatan yang dipusatkan di Puskesmas Bajeng ini juga serentak dilakukan di 18 Kecamatan dan 697 titik se-Kabupaten Gowa.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Gowa, dr H Hasanuddin mengatakan, kanker payudara merupakan penyakit terbesar kedua di dunia yang diderita oleh wanita setelah kanker mulut rahim.

“Gerakan Sadari ini untuk meningkatkan pengetahuan para perempuan dalam upaya mendeteksi kanker payudara sejak dini secara mandiri bagi mereka yang berusia 15 hingga 49 tahun yang masuk dalam usia subur dan pasangan usia subur,” tuturnya. Sabtu (11/11/2017)

Dari 18 Kecamatan tersebut kegiatan ini dilakukan di 697 titik.

Wakil Ketua TP PKK Kabupaten Gowa, Hj Mussadiyah Rauf yang mencanangkan gerakan ini menambahkan, Untuk menekan angka penderita kanker payudara,PKK Kabupaten Gowa sangat mendukung program masyarakat sehat dengan melakukan Gerakan Sadari 697 bagi para perempuan di Kabupaten Gowa.

“Saya berharap, dengan adanya gerakan ini dapat meningkatkan kemampuan para perempuan mendeteksi dini payudara sendiri, sehingga dapat mengetahui gejala penyakit kanker payudara dan dapat terhindar dari penyakit tersebut dengan melakukan berbagai tindakan pencegahan,” jelasnya.

Untuk pencegahan dari hal-hal yang tidak di inginkan, Hj Mussadiyah mengimbau, perlunya menghindari merokok, makanan berlemak, rendah serat dan banyak pengawet, mendapatkan haid pertama kurang dari 12 tahun, menopouse setelah 50 tahun, tidak pernah menyusui anak, melahirkan anak pertama setelah umur 35 tahun dan pernah mengalami kelainan payudara disebabkan kelainan tumor. 

“Sebagai perempuan kita harus bisa melakukan deteksi kanker serviks dan payudara melalui berbagai pemeriksaan khususnya pemeriksaan sendiri sejak dini,” imbaunya kepada para kader PKK dan Masyarakat.(*)

 
 


BACA JUGA