Lentera Negeri Bahas Literasi Era Kids Jaman Now

Sabtu, 18 November 2017 | 14:03 Wita - Editor: Baharuddin - Reporter: Sunarty - Gosulsel.com

Makassar,GoSulsel.com – Komunitas pendidikan Lentera Negeri (LN) menggelar Talkshow literasi bertema ‘Literasi di Era Kids Jaman Now’. Acara ini di Cafe Dialektika, BTN Wesabbe Blok C No. 26 Tamalanrea, Makassar, Jumat (17/11/2017).

Kegiatan yang dihadiri kurang lebih 20 orang ini dihadiri oleh berbagai komunitas Makassar, diantaranya Sokola Kaki Langit (SKL), Pecandu Aksara (PA), Sekolah Cendekia Pesisir (SCP), dan relawan LN.

Dalam kegiatan tsb, turut hadir juga salah satu relawan LN, Bintang Hadi Putra, sebagai pembicara. Beberapa pembicara lainnya yakni Fachri Djaman (Pendiri PA, Jurnalis), Bang O (Pendiri Aksara Merdeka, Penulis buku ‘Strukutural Cinta’).

Ilham Haidir, selaku koordinator LN mengungkapkan, tujuan digelarnya kegiatan ini yakni, untuk menjalin silaturahmi antar sesama komunitas di Makassar. Kegiatan ini juga sekaligus bentuk penggalangan dana untuk kegiatan Bakti Sosial LN yang akan dilaksanakan di bulan Januari 2018 mendatang. 

“Kami menggelar kegiatan ini dengan harapan untuk membangun pola komunikasi, sehingga teman-teman dari berbagai komunitas yang hadir dapat saling mengenal,” ungkap pria alumni Unhas ini.

Bang O, selaku pembicara dalam kegiatan ini mengungkapkan, literasi pada umumnya merupakan suatu hal yang vital, bukan sebagai ajang untuk memamerkan diri.

Literasi lebih identik dengan tindakan, salah satu contohnya yakni kegiatan diskusi yang sering diselenggarakan oleh komunitas LN, juga merupakan salah satu bentuk literasi.

“Jadi kalau saya, literasi itu cukup dengan berbuat saja, bukan untuk pamer bahwa saya adalah pegiat literas,” ungkap Pendiri Aksara Merdeka ini.

LN merupakan komunitas pendidikan yang terbilang masih sangat ‘muda’. Komunitas ini Berdiri sejak tahun 2013 hingga sekarang. Anggota LN secara keseluruhan berjumlah lebih 300 relawan aktif dari berbagai latar belakang profesi diantaranya, mahasiswa, pegawai, hingga dosen.

Di kegiatan tsb, LN  juga menggelar pemutaran video kegiatan mereka yang disaksikan oleh peserta kegiatan. Di penghujung acara, LN beserta Narasumber dan komunitas yang turut hadir menggelar sesi foto bersama. (*)


BACA JUGA