Meminimalisir Kenakalan Remaja, Bripka Jupri Dirikan Taman Bacaan Sipakatau

Selasa, 21 November 2017 | 15:46 Wita - Editor: Irfan Wahab - Reporter: Irfan Wahab - GoSulsel.com

Makassar, GoSulsel.com – Taman baca dan perpustakan yang diberi nama ‘Sipakatau’ saat ini telah banyak membantu bagi warga khususnya anak-anak usia Sekolah Dasar (SD) di Jalan Rappocini Raya, Kelurahan Maricaya Baru, Kecamatan Makassar, Kota Makassar.

Walaupun terbilang baru seminggu didirikan, namun taman baca dan perpustakaan Sipakatau ini juga telah melayani secara gratis pemeriksaan tekanan darah dan juga mengadakan les privat bagi siswa dan siswa. Untuk les privat dibimbing oleh salah satu guru SMP Tunas Bangsa.

pt-vale-indonesia

Rupanya, pendiri dari taman baca dan perpustakaan Sipakatau ini adalah seorang yang berstatus polisi di Polsek Makassar, ia adalah Bripka Jufri yang saat ini bertugas sebagai Bhabinkamtibas di Kelurahan Maricaya Baru.

Selain bertugas sebagai polis, Bripka Jupri yang pernah menimbah ilmu di Man Model Makassar pada tahun 1998-2001 juga meluangkan waktunya untuk mengajar di sekolah Yayasan Tunas Bangsa.

Saat berbincang dengan GoSulsel.com, Bripka Jupri mengakui bahwa salah satu alasannya mendirikan taman bacaan dan perpustkaan itu adalah karena di wilayah tersebut banyaknya anak yang putas sekolah sehingga hal tersebut menjadi salah satu faktor meningkatnya kenakalan remaja.

“Alasan dibuatnya perpustakaan itu karena diwilayah tersebut banyak remaja putus sekolah dan kenakalan remajanya terhadap obat obatan daftar G meningkat sehingga dengan adanya perpus tersebut bisa dijadikan tempat konsultasi dan pembimbingan remaja untuk lebih dekat dengan masa depan dan juga perpus tersebut tujuanya agar masyarakat luas tidak hanya diwilayah tersebut juga dapat merasakan dapat membaca dan meminjam buku bacaan tapi secara umum dan secara gratis,” ungkapnya, Selasa (21/11/2017)

Ia pun berharap, agar taman bacaan tersebut mendapatkan uluran tangan dari pihak pemerintah maupun pihak swasta atau pihak yang peduli dengan duna pendidikan agar kedepannya anak-anak yang putus sekolah itu dapat terus belajar. 

Berikut foto-foto aktivitas Bripka Jupri: