Muh Arafah, Kepala Bidang Pelayaran Dishub Sulsel
#

Dishub Sulsel: Pembangunan Pelabuhan Wajib Penuhi 5 Kajian Ini

Rabu, 06 Desember 2017 | 16:40 Wita - Editor: Baharuddin - Reporter: Junaid - Gosulsel.com

Makassar,GoSulsel.com – Lima pelabuhan akan dibangunan di Sulsel. Namun, sebelum pembangunannya harus memenuhi beberapa kajian. 

“Satu pelabuhan itu ada lima rangaian kajian yang harus di siapkan,” kata Kepala Bidang Pelayaran Dishub Sulsel, Arafah, ketika dikonfirmasi. 

Arafah mengatakan, kajian pertama yakni, Feasibility Study (FS), yaitu studi kelayakan. Aspek yang ditinjau meliputi aspek ekonomi, finansial, kebijakan, dan operasional. Dalam kajian ini dipaparkan maaf pelabuhan yang kakan dibagun bagi daerah setempat.

Kata dia, kajian kedua harus ada Rencana Induk Pelabuhan (RIP)/Masterplan, tahap ini dijelaskan rencana pengembangan dan peruntukkan wilayah kerja pelabuhan disekitarnya akan seperti apa dalam 5, 10, 20 tahun mendatang.

Kemudian ketiga, Kajian lingkungan berkaitan dengan analisis mengenai dampak lingkungan. Yang ke empat. Survey, Investigation, dan Design (SID). SID yaitu, desain pelabuhan secara teknis dibuat, mulai dari survey geotekniknya. Dan yang terakhir adalah Detail Engineering Design (DED) atau gambarnya.

“Setelah memenuhi lima kajian tersebut, baru pembangunan pelabuhan itu diusulkan ke Jakarta,kemudian ketersediaan keuangan negara,”pungkasnya.(*) 


BACA JUGA