Panwas Maros Gelar Lomba Essay

Selasa, 12 Desember 2017 | 14:02 Wita - Editor: Irfan Wahab - Reporter: Muhammad Yusuf - GoSulsel.com

Maros, GoSulsel.com – Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Kabupaten Maros, sosialisasikan pengawasan partisipatif untuk pemilih pemula lewat lomba menulis essay pengawas pemilu.

Dimana, lomba ini melibatkan kalangan pelajar siswa dan siswi berusia 17 tahun Sekolah Menengah Atas (SMA) Sederajat yang ada di Kabupaten Maros.

pt-vale-indonesia

Ketua Panwas Kabupaten Maros Sudirman, kepada GoSulsel.com menjelaskan. Selasa (12/12/2017) bahwa hal ini diselenggarakan sebagai bentuk upaya dalam melibatkan semua lapisan masyarakat dalam hal pengawasan pemilu.

“Lomba menulis essay pengawasan untuk pemilih pemula adalah rangkaian sosialisasi pengawasan partsipatif untuk seluruh komponen masyarakt dalam memberikan pemahaman bahwa setiap warga negara berhak untuk terlibat mengawasi dan memastikan bahwa pemilu terselenggara dengan baik dan demokrtais,” katanya.

Dalam lomba ini, pihak penyelenggara melibatkan pihak sekolah dengan mengirim peserta masing-masing 2 orang siswa per sekolah dan mengirim karya tulis lebih dari satu karya via online atau email dengan tema “Bersama Rakyat Awasi Pemilu, bersama bawaslu tegakkan keadilan pemilu”.

“Lomba Menulis Essay pengawas pemilu yang drangkaikan nanti dengan tatap muka pemilih pemula serta deklarasi duta pengawas pemilu kabupaten Maros diakhir lomba nanti,” ujarnya.

Kegiatan yang digelar mulai 10 sampai dengan 23 Desember 2017 ini, peserta akan mendapatkan sejumlah uang pembinaan kategori juara 1, 2 dan 3, serta sertifikat duta pengawas pemilu untuk semua peserta.

“diharapkan dari lomba ini, pemilih pemula terkhusus SMA sederajat yang telah berumur 17 tahun dapat benar-benar memahami sejak awal bahwa setiap warga negara berhak melakukan pengawasan dan memastikan setiap pemilu berjalan sesuai dengan aturan yang ada,” lanjut Sufirman. (*)