Rapat pleno KPU Sulsel di Sandeq Ballroom Hotel Clarion Makassar/Selasa, 02 Januari 2017/Muhammad Fardi/Gosulsel.com
#

KPU Sulsel Buka Pleno Rekapitulasi Dukungan Paslon Perseorangan

Selasa, 02 Januari 2018 | 21:27 Wita - Editor: Baharuddin - Reporter: Muhammad Fardi - GoSulsel.com

Makassar,GoSulsel.com – Rapat pleno terbuka dalam rangka rekapitulasi syarat dukungan pasangan calon perseorangan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Sulsel 2018. tingkat KPU Sulsel resmi dibuka.

Kegiatan ini dibuka oleh Ketua KPU Sulsel, Iqbal Latief di Ball Room Sandeq, Hotel Clarion, Jalan AP Pettarani, Makassar, pada Selasa (2/1/2017) malam.

Dalam sambutannya, Ketua KPU Sulsel, Iqbal Latief mengatakan, pihaknya sudah melakukan verifikasi faktual di lapangan dan rekapitulasi berjenjang hingga tingkat KPU Kabupaten/Kota. Dia mengatakan, rangkaian verifikasi faktual dilakukan secara transparan dengan melibatkan beberapa unsur.

“Tidak hanya diikuti oleh tim pasangan calon, tapi juga kita libatkan semua teman-teman, mitra kerja dari Panwaslu,” kata Iqbal.



Dia mengatakan, saat ini sudah melakukan rekapitulasi dukungan secara berjenjang mulai dari tingkat PPS hingga KPU Kabupaten/Kota.

“Sebagaimana yang telah diamanahkan dalam PKPU nomor 1, maka kita akan lakukan rekapitulasi di tingkat Provinsi hari ini,” tuturnya.

Dia mengatakan, kegiatan ini akan dilaksanakan hingga 3 Januari 2018 besok. Dalam kegiatan ini, dia juga menhingatkan, pendaftaran pasangan calon akan dilakukan pada tanggal 8 sampai dengan 10 Januari 2018.

“Dan itu disepakati (pendaftaran) akan dilakukan di Kantor KPU Sulawesi Selatan. Dan tanggal 12 Februari kami akan menetapkan pasangan calon,” tuturnya.

Dia menegaskan, segala rangkaian kegiatan KPU akan dilakukan secara transparansi.

“Insya Allah semua proses ini sebagai mana yang kami lakukan sejak awal, kita lakukan dengan prinsip transparansi. Untuk saat ini kita akan memulai proses daripada hasil rekapitulasi tingkat Kabupaten/Kota,” tandasnya.

Untuk diketahui, kegiatan ini dihadiri oleh tim pemenangan pasangan calon Ichsan Yasin Limpo-Andi Mudzakkar (IYL-Cakka).

Mereka dipimpin langsung oleh Ketua Tim Rumah Kita, Bahar Ngitung. IYL-Cakka adalah satu-satunya paslon yang menempuh jalur perseorangan.(*)


BACA JUGA