Dr Salam, M.Pd, Kepala Dinas Pendidikan Gowa

Ingin Belajar Bahasa Inggris? Jangan Khawatir, Mulai 2018 Kampung Inggris Hadir di Gowa

Kamis, 04 Januari 2018 | 10:16 Wita - Editor: Irfan Wahab - Reporter: Afrilian Cahaya Putri - GoSulsel.com

Gowa, GoSulsel.com — Kabar baik datang dari dunia pendidikan di Kabupaten Gowa, bagi siswa ataupun mahasiswa yang ingin belajar bahasa Inggris kini tak usah jauh-jauh ke Kediri, karena Pemerintah Kabupaten Gowa saat ini sedang menggalakkan English Camp atau Kampung Inggris yang ditempatkan di Kecamatan Tinggimoncong, Gowa.

Tepatnya di Perkampungan Jonjo, program ini menjadi salah satu program Kabupaten Gowa yang mampu menjadikan Gowa sebagai kabupaten pendidikan di Sulawesi Selatan.

“Sudah kami susun programnya, tahun ini sudah jalan, muda-mudahan tahun 2019 itu berjalan efektif, karena kita bangun secara bertahap,” ungkap Dr Salam selaku Kepala Dinas Pendidikan Gowa, Kamis (4/1/2018).

Program Kampung Inggris yang akan menjadi satu-satunya di Sulsel ini tak jauh bedanya dengan Kampung Inggris di Kediri Jawa Timur, seluruh peserta wajib menggunakan Bahasa Inggris.



“Nantinya semua peserta English Camp wajib menggunakan bahasa inggris kalau sudah masuk di Perkampungan itu, sehingga wajib hukumnya, semua pelajar di Kabupaten Gowa wajib pintar berbahasa Inggris,” ujar Dosen Universitas Negeri Makassar ini.

Setelah melakukan pengecekan lokasi di Tinggimoncong, Salam mengaku semua masyarakat merespon baik adanya program tersebut.

Untuk merealisasikan program tersebut, saat ini sedang menyiapkan program Aplikasi nagi pembelajar, termasuk pejabat, masyarakat, guru, mahasiswa dan siswa belajar bahasa inggris baik itu dalam bentuk kalimat dan sisertai gerakan tubuh.

“Jadi kami punya program aplikasi lengkap dengan gerakan, aplikasi ini mampu membuat para pelajar menghafal 100 kalimat per dua jam, dan kami jamin itu karena kami sampel orang yang nol kemampuan bahasa inggrisnya bisa menghafal sampai 100 kalimat per dua jamnya,” tambah Salam.

Salam mengatakan, dengan hadirnya Kampung Inggris di Gowa, akan menjadi penopang utama Program beautifull malino yang sudah menjadi agenda tahunan, Selain itu target wisata kedepannya tak hanya wisatawan domestik, lebih dari itu wisatawan mancanegara juga akan berkunjung ke Gowa. (*)


BACA JUGA