Tahun ini Pemprov Sulsel Fokus Benahi Destinasi Wisata

Senin, 08 Januari 2018 | 10:34 Wita - Editor: Irwan AR - Reporter: A Nita Purnama - GoSulsel.com

Makassar, Gosulsel.com – Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan lewat Badan Promosi Pariwisata Daerah (BPPD) terus melakukan berbagai terobosan di tahun 2018 ini. Salah satunya adalah pembenahan pada berbagai destinasi wisata di Sulsel khususnya kota Makassar akan menjadi fokus utama.

“Pemerintah daerah di Sulsel maupun di kota Makassar ini terus melakukan strategi-strategi dalam mengembangkan pariwisata, utamanya bagaimana caranya volume pengunjung ke Makassar dan Sulsel secara umum terus meningkat,” kata Kepala Badan Promosi Pariwisata Daerah (BPPD) Sulawesi Selatan, Andi Januar Jaury Darwis, beberapa waktu lalu.

Untuk meningkatkan pariwisata di Sulsel, butuh kerjasama dari semua pihak utamanya stakeholder di bidang pariwisata. Peran investor juga sangat penting.

“Banyak sekali stakeholder pariwisata yang mau membantu mendatangkan pariwisata. Salah satunya terobosan yang dilakukan oleh salah seorang pemerhati pariwisata daerah di sulsel, Reza Ali. Terobosan ini bukan lagi dari investor asing, kita memiliki investor lokal yang betul-betul memanfaatkan destinasi lokal untuk bisa bersaing dengan destinasi terkenal di daerah lain,” jelasnya.



Dijelaskannya, Sulawesi Selatan memiliki banyak destinasi wisata yang tersebar di berbagai daerah, salah satunya di Makassar. Destinasi wisata tersebut harus dimodifikasi sedemikian rupa sehingga sesuai dengan selera pasar.

“Selera pasar yang dimaksud adalah apa yang sedang tren, yang dibutuhkan oleh para calon wisatawan dan yang paling utama adalah budget dan seluruh sarana penunjang di destinasi tersebut,” tuturnya.

Bersama dengan asosiasi pariwisata di Sulsel, BPPD akan selalu berupaya menghasiokan formasi paket-paket wisata yang mampu bersaing dengan paket yang ada di daerah lain. Sehingga kedepan destinasi wisata Sulsel mampu menyajikan yang terbaik bagi wisatawan.

“Sehingga kedepan kita berharap seluruh objek dan destinasi yang tersebar di Sulsel khususnya di Makassar, betul-betul mampu menjawab keinginan para calon wisatawan,” jelasnya.

Lebih lanjut, pemerintah kedepannya akan mengarah ke arah selatan untuk menata wilayah pesisir Losari guna mengoptimalkan potensi yang ada. Tak lupa pula, pemerintah akan merangkul seluruh masyarakat yang berharap manfaat dari aktifitas pariwisata di sekitar sini.(#)


BACA JUGA