Dekan Fisip Unismuh Makassar Kunjungi Lokasi KKP di Pallangga Gowa

Selasa, 09 Januari 2018 | 10:11 Wita - Editor: Irfan Wahab - Reporter: Citizen Reporter

Gowa, GoSulsel.com – Dekan Fisip Unismuh Makassar Dr. Hj. Ihyani Malik, M.Si, beserta rombongan mengunjungi lokasi Kuliah Kerja Profesi (KKP) angkatan ke-15, Senin 8 Januari 2018 di Kecamatan Pallangga, Kabupaten Gowa.

Demikian ditegaskan Supervisor KKP Fisip Unismuh Makassar di Gowa, Dr. Abdul Mahsyar, M.Si kepada media Selasa (9/1/2017).

Dijelaskan, kunjungan kali ini bertujuan memonitoring dan mengevaluasi program kegiatan KKP yang dilaksanakan oleh mahasiswa.

Selain itu, untuk mengetahui program apa saja yang sudah terlaksana dan yang masih berlanjut.

Juga untuk mendapatkan informasi langsung dari mahasiswa mengenai kendala yang dihadapi selama kegiatan KKP guna mencari solusi bersama dengan aparat desa/kelurahan yang ada di kecamatan ini

KKP mahasiswa Fisip Unismuh Makassar sebanyak 103 orang ditempatkan di 15 desa/kelurahan yang ada di Kec Pallangga Kab Gowa, ungkap Ketua Prodi S2 Ilmu Administrasi Publik PPs-Unismuh Makassar ini.

Bahwa program yang dilaksanakan mahasiswa KKP ini terdiri atas program wajib yg telah dirancang sebelumnya di kampus.

Dan program yg merupakan usulan warga masyarakat dan pemerintah desa/kelurahan setempat pada saat seminar program kerja, kata dosen Program Magister Administrasi Universitas Terbuka UPBJJ Sulawesi Barat,

Secara umum program ini diklasifikasikan atas program fisik dan non fisik, meliputi program pemberdayaan masyarakat,

Selanjutnya peningkatan kesehatan dan gizi masyarakat, administrasi pemerintahan dan e-governance, & program keagamaan /kemuhammadiyaan, tandasnya, kata doktor administrasi public PPs-Unhas ini.

Beberapa program tersebut ada yang sudah selesai pelaksanaannya dan masih berlanjut.

Khusus untuk program pemberdayaan masyarakat seperti peningkatan kesejahteraan ekonomi, warga akan di tindaklanjuti oleh dosen-dosen Fisip Unismuh Makassar

dalam kegiatan pengabdian masyarakat yg merupakan program yg mendapat pembiayaan dari kampus maupun dana hibah dari Kemenristekdikti.

Keberhasilan pelaksanaan program tidak lepas dari partisipasi warga di setiap desa/kelurahan dan juga dukungan dari pemerintah setempat, baik dari kecamatan maupun desa/kelurahan.

Sekretaris Camat Pallangga mengatakan, kehadiran mahasiswa KKP Unismuh Makassar ini memberi kontribusi besar terhadap penyelenggaraan beberapa tugas pemerintahan dan pelayanan masyarakat di desa.

Kegiatan yang dirasakan sangat membantu seperti pembenahan administrasi desa, pembuatan papan informasi desa, penginputan data potensi desa dan potensi penduduk.

Sedangkan program lainnya berupa kegiatan pemberdayaan masyarakat melalui seminar kewirausahaan, penyuluhan bahaya Napza, dan pendidikan politik bagi generasi muda.

Program lainnya berupa peningkatan kesehatan dan gizi warga melalui penanaman tumbuhan apotik hidup dan juga kegiatan lingkungan bersih melalui program Jum’at bersih dan program keagamaan berupa Jum’at ibadah.

Beberapa kegiatan terlaksana berkat kerjasama dengan instansi terkait, sektetaris desa mewakili kepala desa Pallangga mengatakan bahwa dengan kehadiran mahasiswa KKP ini sangat membantu aparat desa dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat.

Selama ada mahasiswa KKP ini para aparat desa tinggal duduk manis karena semua pekerjaan sudah dapat dilaksanakan oleh mahasiswa KKP sekalipun dalam tetap ada kontrol dan arahan dari aparat, pungkasnya. (*)


BACA JUGA