Amankan Pilkada di Sulsel, Polda & Kodam Diberi Dana Hibah Rp128 M

Jumat, 12 Januari 2018 | 10:45 Wita - Editor: Baharuddin - Reporter: Mirsan - Go Cakrawala

Makassar, Gosulsel.com – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulsel, akhirnya menyetujui anggaran pengamanan Pilkada 2018 sebesar Rp128 miliar. Angka ini mengalami penurunan drastis dibanding usulan yang diajukan Polda Sulsel sebesar Rp220 miliar.

Anggaran ini sudah termasuk untuk Kodam XIV Hasanuddin sebesar Rp6,5 miliar. Rencananya penandatangan Nota Pemberian Hibah Daerah (NPHD) antara Pemprov, Polda dan Kodam dilakukan hari ini Jum’at 12 Januari.

Kepala Badan Pengelola Keuangan Daerah (BPKD) Sulsel Andi Arwien Azis mengatakan anggaran ini sudah melalui review dari Inspektorat Sulsel. Proses pencarian sendiri akan dilakukan bertahap.

“Tentu akan dilakukan bertahap karena ketersediaan dana di RKUD Pemprov juga belum cukup besar di triwulan pertama ini. Jadi sesuai kebutuhan yang sifatnya mendesak,” kata Arwien, kepada Go Cakrawala, Rabu 10 Januari.



Selanjutnya anggaran ini masih akan disesuaikan dengan kebutuhan di daerah. Pasalnya selain Pemilihan Gubernur (Pilgub) juga ada Pilkada di 12 Kabupaten/Kota di Sulsel.

“Polda dan Kodam tentu sudah mengatur secara teknis terkait itu, ada sheeringnya. Kami tidak masuk ke dalam teknis pelaksanaannya,” jelasnya.

Tahun ini untuk membiayai Pilkada 2018, Pemprov menyiapkan anggaran lebih dari Rp600 miliar. Terdiri dari KPU Rp378 miliar, Bawaslu Rp99 miliar dan pengamanan Rp128 miliar.(*)


BACA JUGA