Hadapi Pilkada 2018, Polda Sulsel Bentuk 2 Satgas Khusus

Sabtu, 13 Januari 2018 | 12:58 Wita - Editor: Baharuddin - Reporter: Mirsan - Go Cakrawala

Makassar,GoSulsel.com – Polda Sulsel mulai mempersiapkan diri mengawal jalannya Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2018. Salah satunya membentuk dua satuan tugas (Satgas) khusus. 

 “Kami membentuk dua satuan tugas (satgas) yaitu Satgas Anti Money Politics (Politik Uang) dan Siber. Keduanya lebih pada pengawasan pelaksanaan Pilkada,” kata Kapolda Sulsel, Irjen Pol Umar Septiono saat ditemui  di Kantor Gubernur, Jumat (12/1/2018) kemarin.

Irjen Pol Umar Septiono mengatakan, untuk Satgas Anti Money Politik ini merupakan hal yang baru dibentuk oleh kepolisian. Tugas utamanya mengawasi praktek curang dalam kampanye terutama yang mengarah pada tindakan KKN.

Sementara Satgas Siber lebih kepada pengawasan media sosial. Terutama penyebaran kampanye hitam dan ujarnya kebencian saat pelaksanaan tahapan Pilkada. 



Instansi yang terlibat selain Polda ada TNI dan kejaksaan terutama soal gakumdu termasuk Bawaslu. Kita bentuk dua satgas untuk pengawasan yang lebih spesifik dibanding tahun sebelumnya,” jelas Umar. 

Untuk personil, Polda Sulsel telah menyiagakan 17.600 personil. Jika terjadi kondisi fluktuatif dan kerawanan, tak menutup kemungkinan akan ditambahkan BKO (bantuan kendali operasi) dari Polri atau Polda lainnya. (*)


BACA JUGA