Rute Penerbangan Baru BPPD Sulsel & Sumset Tandatangan MoU

Jumat, 19 Januari 2018 | 09:36 Wita - Editor: Baharuddin - Reporter: A Nita Purnama - GoSulsel.com

Makassar,Gosulsel.com – Pengembangan destinasi wisata Sdi Sulsel, didukung oleh adanya rute penerbangan baru oleh Garuda Indonesia dari Palembang ke Makassar. Pemprov Sulsel harus menyajikan produk wisata berkualitas kepada para wisatawan nantinya.

Hal itu disampaikan oleh Kepala Badan Promosi Pariwisata Daerah (BPPD) Sulsel Andi Januar Jaury Darwis, saat ditemui di sela-sela acara penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) dengan Badan Promosi Pariwisata Daerah (BPPD) Sulsel dan BPPD Sumatera Selatan. Acara tersebut berlangsung di Kafe Ombak, Dermaga Kahyangan, Jl. Ujung Pandang, Kamis (18/01/2018).

“Kita harus siap menyambut itu semua. Sekarang sudah dibuka rute dari Palembang ke Makassar begitu juga sebaliknya. Bagaimana kemasan produk wisata yang tersebar di Sulsel bisa tersaji secara berkualitas ke mereka,” tuturnya.

Dalam kerjasama tersebut, pemerintah diharapkan mampu menciptakan paket wisata baik yang ada di Sulsel maupun yang ada di Sumsel. Warga Palembang juga diharapkan memanfaatkan rute penerbangan tersebut. 



“Jangan sampai rute yang baru dibuka ini hanya berumur jagung. Karena daya isi kursi penumpang yang sedikit. Penumpang yang sedikit bisa dikreasikan dengan kargo yang banyak. Berarti bukan cuma segmen wisata, tapi segmen perdagangan juga harus mengusi rute penerbangan,” jelasnya.

Dikatakannya, pemerintah Sulsel harus hadir dengan strategi dan kebijakan yang memiliki daya saing yang tinggi. Perlu adanya kolaborasi antara pemerintah kabupaten/ kota dan provinsi serta kolaborasi antara kabupaten/ kota terkait.

“Setelah Sumsel, kita akan mengidentifikasi provinsi yang tidak sama dengan Sulsel geografisnya. Tentu saja kita menekankan ke wilayah timur Indonesia karena disana lebih dominan wisata bahari. Sehingga kita harus membidik market-market yang tidak begitu banyak wilayah pesisirnya,” tukasnya.

Turut hadir dalam acara tersebut Kepala Dinas Pariwisata Kota Palembang, Ketua PHRI Sumsel, Kepala Badan Promosi Pariwisata Daerah (BPPD) Sulsel, Ketua PHRI Sulsel, dan Ketua ASITA Sulsel.(*)

 


BACA JUGA