14 Kecamatan di Maros Serentak Gelar Apel Coklit

Sabtu, 20 Januari 2018 | 16:12 Wita - Editor: Baharuddin - Reporter: Muhammad Yusuf - GoSulsel.com

Maros,GoSulsel.com – Gerakan Coklit (Pencocokan dan Penelitian) Nasional di gelar di seluruh Indonesia, Sabtu (20/1/2018). Di Maros, Apel Coklit digelar serentak di 14 kecamatan.

Untuk hari pertama, coklit dilakukan minimal 5 5 rumah di setiap TPS. Komisioner KPUD Maros Divisi Perencanaan Informasi dan Data, Ansar Taufik mengatakan jika Coklit Nasional ini melibatkan semua komisioner KPUD dan semua staf.

“Jadi untuk gerakan Coklit Nasional Ini semua komisioner KPUD, PPK (Panitia Pemilihan Kecamatan) dan PPS (Panitia Pemungutan Suara) beserta semua staf turun melakukan pencoklitan, jadi kita target untuk hari ini totalnya sekitar 3.815” Ujar Ansar kepada Wartawan.

Ansar berharap agar semua perugas PPDP bisa bekerja secara maksimal agar hasil data yang diperoleh nantinya bisa berkwalitas.



“Kita berharap seluruh pelaksana bisa bertugas dengan baik dalam melakukan pencoklitan sesuai dengan ketetapan dan aturan yang ada agar nantinya kita bisa mendapatkan hasil yang berkwalitas” Paparnya.

Pencoklitan ini akan berlangsung mulai hari ini Sabtu 20 Januari 2018 hingga 18 Februari 2018, hasil dari pencoklitan ini nantinya akan menjadi Daftar Pemilih Sementara (DPS) lalu kemudian menjadi DPS Perbaikan, Setelah itu baru ditetapkan sebagai Daftar Pemilih Tetap (DPT).

Sementara itu, Ketua Panwaslu Kabupaten Maros, Sufirman mengatakan jika di hari Coklit Nasional ini, ia juga turun bersama komisioner Panwaslu lainnya.

“Hari ini kami juga ikut turun ke lapangan bersama dengan KPUD, teman-teman Panwascam dan Panwas Desa juga wajib melakukan pengawasan mengingat pencoklitan ini adalah data awal yang harus valid sebagai acuan untuk ditetapkan menjadi DPT nantinya” Ujar Sufirman.

Ia melanjutkan jika sebelum turun ke lapangan Panwas desa diberikan bimbingan Teknis dalam melakukan pengawasan.

“Kita bimtek dulu panwas desa karena mereka juga punya alat kerja yang harus diisi, ini yang memastikan apakah petugas PPDP bekerja dengan maksimal atau tidak.” Lanjut Firman.

Terakhir Sufirman berharap agar pelaksanaan Colkit ini bisa berjalan dengan baik.

“Tentu kita di Panwas akan melakukan pengawasan dengan maksimal dengan harapan pelaksanaan coklit ini bisa berlangsung dengan baik dan semua masyarakat yang memenuhi syarat untuk ikut memilih itu terdaftar” Tutupnya.(*)


BACA JUGA