Lewat Turnamen Bola, Appi Dongkrak Nama Makassar ke Pentas Dunia

Sabtu, 20 Januari 2018 | 23:37 Wita - Editor: Irwan Idris - Reporter: Muhammad Fardi - GoSulsel.com

Makassar, Gosulsel.com  Kepemimpinan Munafri Arifuddin menakhodai PSM Makassar mendapat apresiasi tinggi dari Gubernur Sulsel Syahrul Yasin Limpo (SYL).  

Syahrul melalui Kadispora Sulsel,  Sri Endang menyampaikan penghargaan setinggi-tingginya bagi penyelenggara atas terlaksananya Super Cup Asia yang dipusatkan di Kota Makassar. 

“Kami berbangga Kota Makassar dan Sulsel bisa menjamu para tamu dari berbagai negara pada ajang ini, hal ini patut untuk terus ditingkatkan demi memajukan olahraga dan juga memajukan kota Makassar pada umumnya. Selamat untuk manajemen PSM Makassar,” kata Sri,  saat dikonfirmasi,  Sabtu (20/1/2018).

Dia tak menampik,  ajang Super Cup Asia yang diikuti tiga club dari berbagai negara, seperti Home United (Singapura), Adelaide United (Australia),  MDN-The Army (Kamboja) mampu meningkatkan kunjungan pariwisata di Sulsel khususnya Makassar. 



Olehnya itu, ajang yang pertama kali dihelat di Kota Makassar ini perlu diapresiasi serta didukung oleh semua elemen termasuk pemerintah.  

Apalagi gelaran seperti ini menjadi pintu masuk memperkenalkan Makassar di level dunia. 

Dia menjelaskan semenjak Appi mengomandoi klub kebanggaan masyarakat Sulawesi Selatan 2016 lalu, Appi berhasil mengembalikan marwah PSM sebagai klub yang disegani.

Tercatat PSM mampu finish di posisi ke-3 dan nyaris juara pada ajang Liga 1 Indonesia 2017 lalu.

Pengelolaan manajemen PSM secara profesional perlahan berhasil menunjukan  hasilnya. Langkah yang dianggap paling monumental yakni PSM sukses menjadi penyelenggara ajang turnamen pra-musim 2018 bertaraf internasional.

Ajang bertajuk Super Cup Asia itu tak hanya digelar tahun ini saja, Appi mengungkapkan bahwa PSM telah menjalin kerjasama dengan EO asal Singapura hingga tahun 2020 mendatang.

“Jadi ajang internasional ini merupakan pertama kalinya lagi digelar setelah sekian tahun, dan untuk ajang serupa bakal berlangsung selama tiga tahun berturut-turut,” ujar Appi. 

CEO PSM ini yang juga menjabat selaku salah satu Ketua Bidang di Himpunan Pengusaha Muda (Hipmi) Pusat mengatakan ajang tersebut bukan hanya bernilai positif bagi PSM.

Bahkan lebih luas lagi pra-musim Internasional juga berdampak pada pariwisata Kota Makassar terlebih memperkenalkan Sulsel,  khususnya kota Makassar di kancah dunia.

“Nilai plus lainnya yakni pastinya memiliki andil pada kunjungan pariwisata, selain itu ajang yang terdaftar di AFC ini memberikan ruang promosi bagi kota Makassar di mata dunia,” ungkap Appi yang juga Calon Wali Kota Makassar. (*)


BACA JUGA