Isi Jabatan Lowong, Bupati Gowa Lantik 178 Pejabat Baru

Senin, 05 Februari 2018 | 17:25 Wita - Editor: Baharuddin - Reporter: Afrilian Cahaya Putri - GoSulsel.com

Gowa, Gosulsel.com – Sebanyak 178 pejabat baru Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gowa dilantik. 
Pelantikan dilakukan di Baruga Karaeng Galesong, Kantor Bupati Gowa, Senin (5/02/2018).

Dari 178 Pejabat yang dilantik terdiri dari, pejabat Eselon III sebanyak 18 orang, Pejabat Pengawas atau Eselon IV sebanyak 115 orang, dan pejabat fungsional sebanyak 45 orang. 

Bupati Gowa, Adnan Purichta Ichsan mengatakan, pelantikan yang dilakukan hari ini adalah untuk mengisi jabatan yang lowong. Karena pejabatnya telah memasuki masa usia pensiun. 

“Oleh karena itu pelantikan pejabat Eselon III dan IV ini untuk kepentingan organisasi dalam rangka memantapkan dan meningkatkan kapasitas kelembagaan organisasi perangkat daerah dan juga untuk menghindari potensi Stucknasi dan kesenjangan dalam menjalankan roda pemerintahan pembangunan dan pelayanan publik di Kabupaten Gowa,” Jelas Bupati Adnan. 

Pengambilan sumpah jabatan dan pelantikan pejabat merupakan suatu ketentuan yang telah diatur dalam peraturan pemerintah Nomor 11 Tahun 2017 tentang Manajemen Pegawai Negeri Sipil (PNS) yang harus dilaksanakan bagi setiap PNS yang akan menduduki Jabatan Struktural. 

“Baik jabatan mutasi horizontal yakni pergeseran dari satu jabatan ke jabatan yang lain yang lebih tinggi atau sebaliknya, serta pelantikan UPT D lingkup pemerintah Kabupaten Gowa dimana telah diatur dalam Kemendagri Nomor 12 tahun 2017 yang ditindaklanjuti dengan Peraturan Bupati (Perbup) tentang Unit Pelaksana Teknis masing-masing tugas,” tambah orang nomor satu di Gowa ini dihadapan seluruh pejabat yang dilantik. 

Dengan dilakukannya pelantikan ini Bupati Adnan berharap Struktur organisasi dalam pemerintahan daerah mampu meningkatkan profesionalisme.

“Tak hanya itu, serta mampu memperbaiki kinerja PNS di lingkungan pemerintah daerah Kabupaten Gowa untuk melayani kepentingan publik,” ujar Bupati.

Disamping itu Bupati Gowa juga mengingatkan kepada para pejabat yang telah dilantik agar menjadikan jabatan yang diemban menjadi amanah dan mampu dijalankan dengan sebaik-baiknya.

“Saya yakin saudara-saudara adalah orang yang tepat untuk menduduki jabatan tersebut. Oleh karena itu saudara-saudara mampu menunjukkan kinerja, profesionalisme dan integritas dalam menjalankan tugas pokok dan fungsi saudara mampu berjalan sebagaimana mestinya,” Harap Bupati Adnan. 

Sebagai Pejabat Negara, Kinerja para pejabat tersebut akan dievaluasi sesuai mekanisme kepegawaian yang berlaku. (*)


BACA JUGA