Pemkot Tomohon Study Comparatif Terkait Pajak Daerah di Gowa

Jumat, 23 Februari 2018 | 02:31 Wita - Editor: Baharuddin - Reporter: Afrilian Cahaya Putri - GoSulsel.com

Gowa, Gosulsel.com – Pemerintah Kota (Pemkot) Tomohon Provinsi, Sulawesi Utara (Sulut) melakukan studi comparatif di Gowa, Kamis (22/2/2018). Studi yang dipimpin oleh Wakil Walikota Tomohon Sherly Adelyn Sompotan terkait pajak daerah. 

“Jadi kedatangan kami kesini ingin menggali lebih jauh beberapa poin penting yang telah mengalami revisi pada tahun ini diantaranya, pajak mineral bukan logam dan batuan serta retribusi pelayanan persampahan/kebersihan yang telah berjalan di Kabupaten Gowa,”kata Sherly Adelyn Sompotan di Baruga Karaeng Pattingalloang, Kantor Bupati Gowa. Kamis (22/2/2018) 

Tak hanya itu, Sherly juga mengatakan, point-point diatas adalah bentuk rekomendasi DPRD Kota Tomohon yang terlebih dahulu telah berkunjung ke Gowa. 

“Maka dari itu kita perlu melakukan followup guna mempelajari lebih lanjut tentang kerangka regulasi serta tekhnis pemungutan pajak secara langsung di Gowa yang sudah terbilang lebih baik dalam pengelolaan pajaknya,” tambah Sherly.

Dihadapan Sekda Gowa, H Muchlis dan beserta SKPD yang hadir, Sherly berharap kunjungannya beserta rombongan ini mendapat tanggapan positif dari pemkab Gowa, sehingga nantinya dapat bermanfaat untuk diterapkan di Kota Tomohon.

Sementara itu, dihadapan para rombongan study comparatif, H Muchlis kemudian menjelaskan beberapa terkait gambaran letak geografis Kabupaten Gowa.

“Terkait  dengan revisi pajak daerah dan Perda tentang retribusi jasa umum yang berjalan di Kota Tomohon sebenarnya hampir sama permasalahannya dengan yang ada di Kabupaten Gowa, karena kita juga pada tahun ini telah mengalami perubahan regulasi dari PP 41 yang menata kelembagaan, sehingga struktur organisasi dan tata kerja kelembagaan juga mengalami perubahan pajak dan retribusi jasa umum,” ujarnya.

Lebih lanjut, H Muchlis menuturkan, jika berbicara terkait pengelolaan retribusi sampah, maka itu bawah pengawasan Dinas Lingkungan Hidup bidang kebersihan.(*) 


BACA JUGA