Warga Takalar Antusias Dengar Program Pendidikan 1,5 Triliun IYL-Cakka

Senin, 26 Februari 2018 | 17:40 Wita - Editor: Baharuddin -

Takalar,GoSulsel.com – Calon Gubernur Sulsel nomor urut 4 Ichsan Yasin Limpo (IYL) berkampanye dialogis di Baruga Karaeng Bainea, Kabupaten Takalar, Senin (26/2/2018). Momen ini dimanfaatkan Ichsan untuk bertatap muka dan memaparkan program yang dicanangkannya.

Seperti program Subsidi Pendidikan Rp1,5 triliun untuk pelajar se Sulsel setiap tahun.  Untuk anak SD subsidinya ditingkatkan dari Rp800 ribu menjadi Rp1,2 juta setiap tahun per siswa. SMP menjadi Rp1,5 juta dari Rp1 juta. Dan SMA Rp2,4 juta dari subsidi Rp1,4 juta. 

Apa saja keuntungan dari program ini? Ichsan menjelaskan, selama ini orang tua siswa masih dibebani dengan pungutan. Seperti LKS, buku, acara perpisahan hingga seragam. Tapi lewat program ini, semua item itu pasti tidak ada lagi.

“Ini yang pertama yang akan saya lakukan saat menjadi gubernur. Dengan subsidi pendidikan Rp1,5 triliun maka tidak ada lagi pungutan, sumbangan atau pembayaran apapun di sekolah,” papar Ichsan.

“Banyak yang menjanjikan pendidikan gratis tanpa sumbangan dan pungutan. Tapi tidak semua bisa. Kecuali yang sudah berpengalaman, yang sudah ahli,” kata Ichsan.

Saat memimpin Kabupaten Gowa, IYL sudah menerapkan pendidikan gratis tanpa pungutan. Hal itu, lanjut doktor jebolan  Unhas ini, menjadi modal berharga untuk menerapkan di Sulsel.

Dalam kampanye tertutup yang dihadiri ribuan warga Takalar, IYL juga berkomitmen untuk menerapkan pergub yang menghapus kebijakan seragam sekolah.

“Insya Allah jika terpilih, maka pergub pertama yang saya tandatangani adalah menghapus kewajiban mengenakan seragam sekolah. Kenapa? Karena yang mau sekolah bukan seragamnya, tapi otaknya. Ini juga bisa meringankan beban orang tua siswa,” pungkasnya.(*)

pt-vale-indonesia


BACA JUGA