Di HUT ke-454 Sinjai, SYL Dorong Sektor Kemaritiman

Rabu, 28 Februari 2018 | 00:50 Wita - Editor: Baharuddin - Reporter: Mirsan - Go Cakrawala

Sinjai,Gosulsel.com – Gubernur Sulsel Syahrul Yasin Limpo (SYL) mendorong Sinjai agar bukan hanya fokus pada pengembangan ekonomi dan aktivitas masyarakat di daratan saja, namun memberi perhatian juga si sektor kemaritiman.

“Sinjai harus lebih serius menata sumber daya yang ada. Bukan hanya di daratan saja, tetapi yang ada di laut, potensinya sangat besar untuk kita gali, dan daerah ini sudah memulainya dengan memperlihatkan resource-resource (sumber daya) yang ada di laut,” kata Syahrul YL. 

Hal itu Ia sampaikan saat SYL, Gubernur (SYL) menghadiri puncak peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-454 di Kabupaten Sinjai di Teluk Bone, tepatnya di pelataran Pelabuhan Larea-rea, Kelurahan Lappa, Kecamatan Sinjai Utara, Kabupaten Sinjai pada Selasa (27/2/2018).

Baginya hari jadi ini menjadi akumulasi menunjukkan pencapaian yang ada di Sinjai, didukung oleh pemerintah dan partisipasi masyarakat serta semua unsur yang ada. 

“Semua unsur bergerak, melakukan lompatan-lompatan yang dicapai dengan hati dan jelas ke depan,” katanya. 

Ia pun senang dengan tematik HUT ini memilih laut dan sumber daya kelautan sebagai tema perayaan.

Untuk wisata dibidang kelautan dan maritim,  adalah wisata mangrove bisa menjadi destinasi wisata yang patut untuk dikembangkan kedepan. Apalagi menurutnya wisata jenis ini masih jarang ada. Ia  mendorong Plt Bupati dan Pemda Sinjai. 

Di sekitar wilayah pelabuhan Larea-rea, terdapat hutan bakau atau mangrove Larea-rea, pada kesempatan ini gubernur memberikan bantuan dana sebesar Rp1 miliar untuk pengembangan wisata. 

“Substansinya adalah orang-orang Sinjai bisa berada di tempat wisata ini. Caranya agar lebih optimal tadi saya memberikan dana stimulan Rp1 miliar,” sebutnya. 

Ia juga memuji pertumbuhan ekonomi yang ada di Sinjai dan tingkat pendapatan perkapita masyarakat yang naik dua kali lipat dalam. Diketahui  Pendapatan Perkapita saat ini Rp34 juta perkapita, dua kali lipat dari lima tahun lalu yang hanya sebesar Rp18 juta.

Plt Bupati Sinjai Andi Fajar Yanwar, mengatakan, lokasi puncak acara di pelataran pelabuhan Larea-rea sebagai momentum titik balik menggapai cita-cita ekonomi baru. 

“Lokasi ini bukan hanya dengan nuansa baru tetapi menandai cita-cita Sinjai untuk lompatan ekonomi yang lebih baik,” harapnya. 

Pelabuhan ini adalah tempat untuk mengantarkan hasil-hasil produksi Sinjai keberbagai pelosok negeri,  terutama untuk kawasan Indonesia Timur.

Baik SYL maupun Andi Fajar Anwar menghibau konsidi ketertiban dan keamanan Sinjai yang masuk dalam memontum Pemilihan Serentak untuk dijaga tetap damai dan aman. 

Pemkab Sinjai memberikan cindermata berupa keris pusaka dengan nama “Kahali Rajapasang Timposalaka” dan akar batu atau akar bahar.(*)


BACA JUGA