Warga Keluhkan Lampu Jalan Padam, Ini Penjelasan Kabag Perlengkapan Gowa

Kamis, 08 Maret 2018 | 16:23 Wita - Editor: Irwan AR - Reporter: Afrilian Cahaya Putri - GoSulsel.com

Gowa, Gosulsel.com — Seringnya muncul keluhan masyarakat Gowa terkait banyaknya lampu jalan yang mati membuat Kepala Bagian Perlengkapan Setkab Gowa, Muhammad Irwan angkat bicara.

Dirinya bahkan merencanakan pemasangan 4.218 lampu hemat energi sebagai penerangan jalan pada beberapa titik di lima kecamatan di Kabupaten Gowa.

pt-vale-indonesia

Lima kecamatan tersebut yang masuk dalam Rayon Sungguminasa. Hal ini dimaksudkan untuk menghemat daya listrik yang diketahui sangat tinggi.

“Kami rencanakan akan memasang 4.218 lampu Penerangan Jalan Umum (PJU) pada wilayah yang masuk dalam Rayon Sungguminasa. Pihak kami akan mengganti lampu lama yang pemakaiannya sangat boros dengan lampu yang hemat energi,” ujar Irwan, saat ditemui diruangannya. Kamis (8/3/2018)

Kelima Kecamatan tersebut yakni diKecamatan Sombaopu, Pallangga, Barombong, Bontomarannu, dan Pattallassang yang masuk dalam wilayah Rayon Sungguminasa.

Irwan juga mengungkapkan, bahwa pemakaian lampu yang selama ini terpasang memiliki daya hingga 500 Watt, otomatis daya pemakaiannya juga tinggi. Maka harus diganti dengan lampu yang kapasitasnya 85 Watt.

Hal ini dikarenakan tiap bulannya pemerintah harus membayar Rp 2,3 Miliar untuk lampu-lampu penerangan jalan tersebut sejak Januari 2018.

“Jika kita sudah ganti lampu hemat energi secara keseluruhan, bisa menghemat pembayaran listrik hanya dengan membayar kurang lebih Rp 900 juta. Sehingga selisihnya 1 Miliar,” Rinci Kabag Perlengkapan ini.

Tak hanya itu, Irwan juga akan mengganti 1000 Bohlam lampu jalan yang telah rusak.

“Seluruh bohlam lampu di jalan poros maupun di perumahan yang tidak menyala akan kami ganti sebanyak 1000 bohlam,” tambahnya lagi.

Dalam perbaikan lampu jalan ini Irwan katakan pihaknya menganggarkan sebanyak Rp 1 Miliar.


BACA JUGA