Peringati Hari Air Dunia, Bupati Gowa Tertarik Jadikan Danau Mawang Tempat Wisata

Kamis, 22 Maret 2018 | 19:39 Wita - Editor: Baharuddin - Reporter: Afrilian Cahaya Putri - GoSulsel.com

Gowa, Gosulsel.com – Bupati Gowa, Adnan Purichta Ichsan tertarik jadikan Danau Mawang Floating Market seperti di Lembang Bandung.Niat itu diungkapkan saat menghadiri Peringatan Hari Air Dunia di Danau Mawang, Kamis (22/3/2018).

“Harapan saya jika kita diberi kesempatan mengelola maka yakin saja Danau Mawang yang selama ini tidak berfungsi optimal, akan menjadi kunjungan wisata yang besar,” kata Adnan. 

Danau Mawang dijadikan pusat lokasi peringatan Hari Air Dunia ini digelar oleh Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (Kementerian PU-PR) Direktorat Jenderal Sumber Daya Air Balai Besar Wilayah Sungai Pompengan Jeneberang (BBWSPJ).

Pada peringatan ini, selain dihadiri Bupati Gowa juga ada Kepala BBWSPJ, Iskandar, sejumlah pejabat di lingkup Pemkab Gowa. 

“Apresiasi kami karena dipilih Gowa dan Danau mawang sebagai tempat pelaksanaan peringatan hari air sedunia. Lokasi yang dipilih ini merupakan sumber air dengan potensi yang besar. Danau mawang dengan luas 50 ha sangat potensial jika dikelola dengan baik. Saya juga sudah memperlihatkan contoh floating market Bandung kepada balai,”kata Adnan. 

Menanggapi rencana Bupati Gowa menjadikan Danau Mawang jadi destinasi wisata, Iskandar T katakan dirinya mendukung penuh rencana tersebut. 

“Kami akan ajukan kerjasama dengan Pemkab Gowa dan tentunya dalam bentuk MoU untuk pengelolaan Danau Mawang ini. Namun sebelum itu, kita akan kerjasama dulu dengan Pemprov Sulsel dan juga Pemkab Gowa dalam hal pengadministrasian. Kerjasama pengadministrasian yang saya maksud adalah untuk mengukur luasan kawasan danau ini dulu sebagai aset,” jelas Iskandar.

Dipenghujung kegiatan, dirangkaikan dengan penanaman pohon juga menabur benih ikan di Danau Mawang.(*)


BACA JUGA