Jumlah Penderita Tuberculosis di Gowa Meningkat

Jumat, 23 Maret 2018 | 13:46 Wita - Editor: Baharuddin - Reporter: Afrilian Cahaya Putri - GoSulsel.com

Gowa,Gosulsel.com –Jumlah penderita Tuberculosis (Tb) di Kabupaten Gowa, mencapai 1.545 kasus selama 2017, meningkat dari 2016 yang tercatat 1.339 kasus. 

Data jumlah penderita Tb sebanyak itu dihimpun dari 18 puskesmas di wilayah Gowa. Jadi bagus, semakin banyak ditemukan terjangkit TB berarti menambah peluang bisa disembuhkan,” kata Wasor P2K Dinas Kesehatan Gowa, Hendra Dini, saat Sosialisasi dan Edukasi TB di Baruga Karaeng Pattingalloang, Jumat (23/3/2018).

pt-vale-indonesia

Hendra Dini mengimbau kepada masyarakat untuk segera melakukan pengobatan ke Puskesmas jika terjangkit penyakit TB, karena pemeriksaannya gratis.

“Saya harap segera laporkan jika ada hal aneh yang terjadi ditubuh seperti batuk selama dua minggu atau lebih, keluar keringat dingin setiap saat tanpa sebab yang jelas, demam tidak terlalu tinggi, nafsu makan menurun yang mengakibatkan berat badan menurun,” tambah Hendra.

Pemerintah berharap, 2030 Gowa bebas TB. Makanya, diminta kerjasama semua pihak agar penyakit menular ini segera diberantas.

“Kedepannya saya berharap, semoga semua yang hadir disini bisa berkomitmen mensukseskan eliminas TB 2030 untuk indonesia, dari Gowa untuk Indonesia, Gowa Bebas TB,” katanya. 

Sosialisai & edukasi ini dihadiri oleh para Camat, Ketua PKK, Kepala Puskesmas se Kabupaten Gowa, Organisasi Masyarakat (Ormas) seperti, Aisyiah, Muhammadiyah dan Penggiat TB.(*)


BACA JUGA