Logo Pemprov Sulsel
Logo Pemprov Sulsel

Kemendagri Puji Peningkatan PAD Sulsel

Rabu, 28 Maret 2018 | 22:25 Wita - Editor: Baharuddin -

Makassar,GoSulsel.com – Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) memberikan apresiasi atas kinerja Provinsi Sulsel dalam mengelola Pendapatan Asli Daerah (PAD). Pemprov Sulsel melalui Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) dianggap mampu memaksimalkan potensi yang ada. 

Hal ini diungkapkan oleh Staf Ahli Mendagri Bidang Aparatur dan Pelayanan Publik, Reydonizard Moenek saat menghadiri Musrenbang Provinsi Sulsel di Hotel Clarion, Rabu (28/3).

“Selama lima tahun terakhir, PAD Sulsel mengalami peningkatan. Ini membuktikan sumber potensi yang ada bisa Di maksimalkan,” katanya.

Berdasarkan data PAD Sulsel terus mengalami kenaikan, mulai dari tahun 2014 Rp3,107 triliun, 2015 Rp3,38 triliun, 2016 Rp3,511 triliun, 2017 Rp3,724 triliun dan tahun 2018 ini diprediksi mencapai Rp3,917.

Dalam kesempatan tersebut, mantan Dirjen Bina Keuangan Daerah Kemendagri ini juga meminta belanja lebih dioptimalkan terutama belanja modal. “Harusnya berimbang ke sektor belanja. Soal potensi masih banyak yang bisa digali seperti pajak kendaraan alat berat,” jelasnya. 

Sementara itu, Kepala Bapenda Sulsel Tautoto Tanaranggina menjelaskan untuk memaksimalkan potensi PAD yang ada pihaknya terus melakukan inovasi. Mulai dari memanfaatkan kemajuan teknologi dan informasi untuk memungut pajak.

“Antara lain, pembayaran pajak kendaraan bermotor (PKB) nontunai melalui ATM dan kartu debit menggunakan EDC,” ungkapnya. 

Selain pembayaran nontunai, terobosan lain Bapenda Sulsel adalah samsat keliling, samsat delivery, pelayanan e-samsat di Bank Sulselbar, info pajak via sms dan twitter, penagihan door to door, dan masih banyak lagi. (*) 


BACA JUGA