#

Antisipasi Banjir, Warga Borongpacco Gotong Royong Bersihkan Selokan

Sabtu, 31 Maret 2018 | 14:27 Wita - Editor: Baharuddin - Reporter: Rusli - GoCakrawala

Gowa,GoSulsel.com -Kegiatan kebersihan di Kabupaten Gowa terus digalakkan. Tidak hanya di perkotaan tetapi juga sampai pelosok. Warga Borongpacco, Kelurahan Lanna, Kecamatan Parangloe contohnya.

Sabtu, 31 April 2018, warga Borongpacco dengan penuh semangat bergotong-royong membersihkan lingkungan. Salah satu yang jadi pusat pembersihan adalah drainase. 

Tokoh masyarakat Borongpacco, Patahuddin Dg Lotteng mengatakan, kerja bakti membersihkan drainase itu sebagai antisipasi terjadinya banjir.

“Beberapa waktu lalu kampung ini dilanda banjir. Ternyata setelah dicek permasalahannya karena selokan yang tersumbat. Hal ini kemudian menjadi atensi warga. Hari ini kita sepakat bekerja bakti membersihkan selokan dari segala kotoran,” tutur Dg Lotteng disela-sela kegiatan pembersihan drainase.

Sepanjang drainase yang ada, kata dia dibersihkan dengan cara dikeruk. Tumpukan sedimen di dalam drainase diangkat dengan menggunakan linggis dan cangkul serta tangan warga. 

Tokoh Pemuda Parangloe, Herman Adam mengapresiasi kegiatan gotong royong pembersihan drainase yang dilaksanakan warga Borongpacco.  Menurutnya, apa yang dilaksanakan warga Borongpacco itu dapat menjadi contoh dalam memotivasi masyarakat untuk senantiasa menjaga kondisi lingkungan sekitar.

“Hal yang patut diteladani. Kegiatan itu juga selaras dengan program Sabtu Bersih yang dicanangkan oleh Pemkab Gowa,” tandasnya. (*) 

 


BACA JUGA