Begini Upaya KPU Makassar Dongkrak Partisipasi Politik Pelajar

Selasa, 10 April 2018 | 11:35 Wita - Editor: Irwan Idris - Reporter: Muhammad Fardi - GoSulsel.com

“Perjalanan debat yang cukup alot dan seru. Sungguh menyuguhkan sebuah miniatur debat yang tidak kalah serunya dangan debat calon Bupati/Walikota dan calon Gubernur yang sering kita tonton di media,” ucapnya.

Pemaparan masalah tentang tingkat partisipasi pemilih dan solusi yang ditawarkan masing-masing peserta menunjukkan bahwa sebagian dari pemuda kita khususnya pemilih pemula ternyata tidak tinggal diam.

Mereka cukup mengikuti perkembangan pilkada serentak khususnya tahapan pilwali kota Makassar dan Pemilihan calon Gubernur.

“Ini dibuktikan dengan kemampuan mereka menyuguhkan beberapa fakta dan data data tingkat partisipasi pemilih serta problem yang menyelimutinya,” ucap dia.

SMA Negeri 17 Makassar, Tim B berhasil keluar sebagai juara pertama disusul MAN 2 Model juara kedua. Juara tiga, harapan satu dan harapan dua berturut turut direbut oleh SMA Negeri 17 tim E, SMA Negeri 9 dan SMA Wahyu.

Selanjutnya, SMA Negeri 17 tim B sebagai juara 1 berhak mengikuti debat tingkat Provinsi Sulawesi Selatan yang akan dilaksanakan tanggal 2 Mei 2018 bertepatan dengan hari Pendidikan Nasional.

“Tentu ini menjadi perhatian bahwa dimensi pendidikan yang harus menjadi perhatian kita bersama adalah pendidikan politik bagi pemilih pemula. Tidak hanya sekedar hadir disaat hajatan atau tahapan pemilu tetapi jauh lebih penting menghadirkan dalam program dan kurikulum pendidikan pemilih di sekolah, madrasah, dan pondok pesantren,” tandasnya.(*)

Halaman:

BACA JUGA