Pemda Gowa Kucurkan Dana Rp 8,873 Miliar Guna Pembangunan Sanitasi

Rabu, 11 April 2018 | 15:21 Wita - Editor: Irwan Idris - Reporter: Afrilian Cahaya Putri - GoSulsel.com

GOWA, Gosulsel.com — Pemerintah Kabupaten Gowa mendapatkan Dana Alokasi Khusus (DAK) sebanyak Rp 8,873 miliar untuk pembangunan sanitasi.

Dana Alokasi tersebut, menurut Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Gowa Mundoap nantinya akan dialokasikan ke 13 Kecamatan dan 25 Desa/Kelurahan yang memiliki Instalasi Pengelolaan Air Limbah (IPAL).

pt-vale-indonesia

“Daerah pembangunan di setiap desa/kelurahan masing-masing kecamatan khusus bagi yang memiliki IPAL. Makanya tidak semua kecamatan mendapatkan pembangunan sanitasi,” jelasnya, Rabu (11/4/2018).

Lebih lanjut, Mundoap menjelaskan, daerah pembangunan sanitasi tersebar di dataran tinggi dan dataran rendah.

“Yakni Kecamatan Somba Opu, Pallangga, Bontomarannu, Bontonompo Selatan, Tompobulu, Bajeng, Bajeng Barat, Bontonompo, Barombong, Pattallassang, Parangloe, Parigi dan Bontolempangan,” ujarnya.

Tak hanya itu, untuk pembangunan tersebut seluruh Kelompok Swadaya Masyarakat (KSM) akan didampingi oleh Tenaga Fasilitator Lapangan (TFL).

“Tenaga fasilitator ini berjumlah 11 orang yang terdiri dari fasilitator teknik dan fasilitator pemberdayaan yang akan mendampingi para SKM di lapangan,” tambah Mundoap.

Sementara itu, masalah air bersih di Indonesia saat ini masih sangat harus di perhatikan, sehingga Pemda Gowa harus mengupayakan adanya pengelolaan air limbah. Hal ini juga disampaikan Wakil Bupati Gowa Abd Rauf Malaganni.

“Kita harus turut serta dalam mengolah air limbah dengan cara menggunakan teknologi efektif dan efisiensi yang tinggi, karena jika tidak itu akan berdampak kembali kediri kita,” imbaunya.(*)


BACA JUGA