Musim Pilkada, Warga Makassar Antusias Urus e-KTP

Kamis, 12 April 2018 | 11:11 Wita - Editor: Irwan AR - Reporter: A Nita Purnama - GoSulsel.com

Makassar, Gosulsel.com – Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak yang berlangsung tahun ini, membuat warga kota Makassar berbondong-bondong melakukan perekaman e-ktp di Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kota Makassar.

Hal tersebut disampaikan oleh Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kota Makassar, Nielma Palamba, kepada Gosulsel.com, Kamis (12/04/2018).

“Warga juga antusias sekarang melakukan perekaman KTP elektrik. Kita tahu bersama mungkin karena menjelang Pilkada jadi peningkatannya cukup signifikan,” ujarnya.

Disampaikannya, pemilih yang akan menggunakan hak pilihnya pada Pilkada yang akan datang, wajib memiliki KTP elektrik. Meskipun tingkat kesadaran warga terhadap kepemilikan e-KTP dianggap cukup tinggi, namun ada juga warga yang belum sadar untuk melakukan perekaman.

“Mungkin tingkat kesadaran sudah cukup bagus sampai mereka berbondong-bondong datang, tapi ada juga yang sudah tahu bahwa wajib rekam tapi tidak mau datang juga,” paparnya.

Sekitar 500 orang warga yang melakukan perekaman e-KTP perhari, baik itu di Disdukcapil maupun di kantor pelayanan pada tiap kecamatan. Angka tersebut belum mencapai target perhari Disdukcapil yaitu 1000 orang setiap harinya.

“Kami kan punya pelayanan di kecamatan. Kalau disini (Kantor Disdukcapil) perhari kurang lebih 60an. Rata-rata sekitar 500an perhari warga yang datang untuk rekam e-KTP. Itu sebenarnya masih rendah. Kami punya target seharusnya 1000 perhari supaya kami dapat perekaman minimal 85%. Di 2019 nanti, target nasional 95 persen,” pungkasnya.(*)


BACA JUGA