Kunker Perdana Bupati & Wabup Gowa, Tiga Kecamatan Didatangi

Sabtu, 14 April 2018 | 10:29 Wita - Editor: Baharuddin - Reporter: Afrilian Cahaya Putri - GoSulsel.com

Gowa, Gosulsel.com – Kunjungan Kerja (Kunker) hari pertama Bupati Gowa, Adnan Purichta Ichsan  bersama Wakil Bupati Abdul Rauf Malaganni, mengunjungi Tiga Kecamatan, Jumat (13/4/2018) kemarin. 

Ketiga Kecamatan diantaranya, Desa Mangempang Kecamatan Bungaya, Desa Pattallikang Kecamatan Manuju dan Desa Belabori Kecamatan Parangloe. 

Dalam kunjungannya di Tiga Kecamatan tersebut, Bupati Adnan Menyampaikan semua capaian kinerja Pemerintah Kabupaten Gowa sesuai dengan hasil survei yang dilakukan Jaringan Survei Indonesia (JSI). 
 
Sesuai survei kepuasan masyarakat, capaian kinerja pemerintah Kabupaten Gowa ada pada angka 74,9 persen. Sedangkan pada 2018 survei kepuasan masyarakat terhadap Pemkab Gowa meningkat menjadi 81,8 persen. Hal ini kata Bupati Adnan menggambarkan kekompakan dan kebersamaan semua pihak.

“Ini sebuah kebanggaan bagi kita semua. JSI melakukan survei terhadap kinerja Pemkab Gowa dan menunjukkan angka yang membahagiakan dengan capaian 81,8 persen. Dengan hasil ini menunjukkan adanya kekompakan dan kebersamaan semua pihak. Prestasi bukan hanya kerja bupati dan wabup tapi merupakan kerja keras semua unsur termasuk lapisan masyarakat,” jelas orang nomor Satu di Gowa ini.

Tak hanya itu, dalam kunjungan perdana kali ini Bupati Adnan juga menyampaikan beberapa program pembangunan dihadapan ribuan warga yang hadir. 

Bupati Adnan juga mengingatkan akan adanya sebuah filosofi kearifan lokal yang harus tetap dipegang teguh masyarakat Gowa.

“Pertama bahwa orang Gowa pasti bagus agamanya, orang Gowa pasti pintar, orang Gowa pasti bagus adatnya dan keempat orang Gowa itu biasa bekerja keras (akkareso, bahasa makassar) sehingga berkomitmen bekerja keras untuk membangun daerahnya,” seru Adnan. 

Dari filosofi ini kata Adnan, Pemkab Gowa pun menerapkan empat solusi yakni mengalokasikan 20 persen APBD untuk infrastruktur jalan, berkaitan dengan akses modal usaha Pemkab mengembangkan UMKM unggulan sedang untuk kurangnya peluang kerja maka pemkab juga telah melaksanakan job fair dan penyediaan pupuk untuk para petani di Gowa. 

“Itulah empat solusi dari empat permasalahan yang berdasar dari hasil survei JSI terkait kinerja Pemkab Gowa,” kata Adnan. 

Disamping itu, Bupati Adnan bersama rombongan juga membagikan sejumlah proyek pemerintah yakni BPJS KIS, KIP bantuan cadangan pangan, biaya operasional bagi PPKBD dan Sub PPKBD dalam bentuk buku tabungan, peresmian PAUD dan SPAS serta peresmian Padat Karya Tunai.

Dalam kunjungan kerja Perdana ini, Bupati Adnan didampingi oleh Ketua DPRD Gowa, Ansar Zaenal Bate, para anggota DPRD dapil Bungaya, Manuju dan Parangloe, para pimpinan SKPD lingkup Pemkab Gowa, Camat Bungaya, Abd Salam, Camat Manuju, Tajuddin Dolo dan Camat Parangloe, Muh Guntur serta para kepala desa/lurah, kepala dusun serta kepala lingkungan, tokoh masyarakat, tokoh pemuda, tokoh agama dan tokoh perempuan. 

Kunjungan kerja Bupati Adnan bersama dengan Wakilnya Abd Rauf Malaganni ini dijadwalkan enam hari dengan kunjungan pada 18 kecamatan di Gowa.(*)

pt-vale-indonesia


BACA JUGA