#

Ditanya Soal SKTB, Penjelasan Ichsan YL Patut Diacungi Jempol

Kamis, 19 April 2018 | 23:16 Wita - Editor: Irwan Idris - Reporter: Muhammad Fardi - GoSulsel.com

JAKARTA, Gosulsel.com — Calon Gubernur Sulsel nomor urut 2, Agus Arifin Nu’mang (AAN) mempertanyakan soal Sistem Kelas Tuntas Berkelanjutan (SKTB) yang diprakarsai oleh Ichsan Yasin Limpo (IYL) saat menjabat sebagai Bupati Gowa. Hal ini dipertanyakan Agus Arifin Nu’mang (AAN) pada debat kandidat ke dua di Jakarta, Kamis malam (19/4/2018).

“Saya ingin mendapat penjelasan tentang kelas tuntas berkelanjutan, karena ini juga merupakan salah satu program pemerintah Kabupaten Gowa saat pak Ichsan menjabat sebagai Bupati di sana,” tanya Agus.

Pasangan Andi Mudzakkar yang disuguhi pertanyaan langsung menjawab dengan santai pertanyaan eks Wagub Sulsel itu. Ichsan menjelaskan secara rinci sistem kelas tuntas berkelanjutan yang asalnya adalah Undang-undang dasar 1945.

“Sistem kelas tuntas berkelanjutan itu adalah sebenarnya menitik beratkan pada proses dan juga otomatic promotion. Sistem kelas tuntas berkelanjutan itu kurikilumnya tidak ada yang berubah secara nasional,” kata Ichsan yang juga adalah pengagas pendidikan gratis tanpa pungutan ini.

“Hanya saja karena dia otomatic promotion berdasarkan Undang-undang 1945 pasal 31, ayat 1, 2 dan 3. Itu semua masyarakat tidak boleh tidak boleh didiskriminasikan bisa mendapatkan pendidikan 12 tahun,” imbuhnya.

Oleh karena itu, lanjut eks Bupati Gowa dua periode ini, sistem kelas tuntas berkelanjutan tidak mengenal yang namanya tinggal kelas. “Sehingga hasilnya bisa kita lihat saat sekarang ini terjadi peningkatan kualitas yang sangat luar biasa,” ucap dia.

Halaman:

BACA JUGA