TKA Masuk ke Sulsel, Ini Tanggapan Kabid Jasa Konstruksi Dinas Bina Marga

Kamis, 19 April 2018 | 12:30 Wita - Editor: Irfan Wahab - Reporter: Junaid - Gosulsel.com

Makassar, Gosulsel.com – Akhir-akhir ini banyaknya tenaga asing (TKA) yang masuk ke Indonesia khususnya Sulawesi Selatan menjadi sorotan. Hal ini dikawatirkan akan menggeser tanaga kerja Indonesia.

Menanggapi hal tersebut, Kepala Bidang Jasa Konsrtuksi dan Bina Konstruksi Dinas Bina Marga dan Bina Konstruksi Sulsel, Eddy Jaya Putra mengungkapkan bahwa kedatangan tenaga kerja asing ke Indonesai khsusnya di Sulawesi Selatan ini menurutnya sah-sah saja.

“Itu sah-sah saja, apa lagi kan kita memasuki era masyarakat ekonomi asean (MEA),” ungkapnya saat ditemuai di ruangannya, Kamis (19/4/2018).

Ia juga menambahkan bahwa kedatangan tenaga asing ini harus bisa dimanfaatkan, khususnya yang memang memiliki keahlian dalam bidang tertentu untuk menyalurkan pengetahuaan kepada tenaga kerja Indonesia.

“Minimal mereka harus bisa pake bahasa Indonesia. Seperti kita kalau mau keluar kerja ke megaranya orang kan harus tahu bahasanya. Bagaimana kita mau berkomunikasi kalau mereka tidak tahu bahasa Indonesia,” tambahnya.

Namun ia juga beharap pemerintah semakin selektif untuk menerima tenaga kerja asing. Menurutnya kalau orang Indonesaia bisa kenapa harus datangkan tenaga asing.

“Kita kan juga banyak tenaga-tenaga ahli, kenapa harus datangkan dari luar. Kalau cuma untuk tenaga gali saya rasa orang kita juga bisa,” lanjutnya.

Selain itu, untuk menghindari kecemburuan sosial, Ia juga meminta untuk menyamaratakan upah yang diberikan kepada pekerja.

“Kecuali kalau dia ahli dan ditempatkan di bagian tertentu, kalau sama-samaji tukang gali jangan dibedakan,” tuturnya. (*)


BACA JUGA