Universitas Malaysia Jalin Kerja Sama Pemkab Gowa di Bidang Pendidikan

Selasa, 24 April 2018 | 19:05 Wita - Editor: Baharuddin - Reporter: Afrilian Cahaya Putri - GoSulsel.com

Gowa, Gosulsel.com – Universitas Malaysia Sabah (UMS) menjalin kerja sama dengan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) di bidang pendidikan. Kerjasama dilakukan saat mahasiswa UMS berkunjung ke Rumah Jabatan Bupati Gowa, Sungguminasa, Selasa (24/4/2018).

“Kerjasama dilakukan UMS dengan Pemkab Gowa yakni,pertukaran pelajar mahasiswa dan pertukaran pegawai pemerintah,” kata Timbalan Pengarah UMS, Prof Madya Dr Wardatul Akmam Din. 

Wardatul Akman mengatakan, untuk pertukaran mahasiswa, pihak UMS berencana mengirim mahasiswa ke Gowa ini untuk memperlajari kehidupan masyarakatnya. 

“Mahasiswa dari UMS ini  mayoritas adalah keturunan dari warga Indonesia dari Sulawesi selatan. Kedatangan mereka disini diharapkan mampu mengenal budaya asal nenek moyang mereka,” ujarnya. 

Tak hanya itu, Prof Madya Dr Wardatul juga mengatakan, Pemkab Gowa juga dapat mengirimkan putra-putri terbaiknya menuntut ilmu baik setara strata satu maupun strata dua. Atau mengirim pegawai untuk belajar selama dua minggu dinegeri jiran tersebut.

Dia menjamin, selain memperoleh pendidikan formal, para mahasiswa UMS juga akan diberi pembekalan toefl sehingga lebih mudah terserap dunia kerja.

“Kami berharap kerjasama dapat terjalin. Apalagi Gowa ini adalah daerah yang concern dengan peningkatan kualitas pendidikan dan sumber daya manusianya,” terangnya.

Mendengar hal tersebut, Bupati Gowa Adnan Purichta Ichsan mengapresiasi keinginan dari UMS. Apalagi pemilihan kerjasama karena Gowa yang dinilai peduli dengan peningkatan kualitas pendidikan.

Kendati demikian, Bupati adnan mengatakan, akan mempelajari lebih dulu untuk melihat kecocokan dengan program pendidikan yang dikembangkan daerah Gowa.

“Kami pelajari dulu. Kalau cocok bisa jadi program investasi 1/4 abad Gowa yakni mengirim lulusan SMA terbaik nanti tidak hanya dikerjasamakan dengan perguruan tinggi terbaik di dalam negeri, tapi juga universitas luar negeri seperti UMS,” pungkasnya.(*)


BACA JUGA