FISIP Unismuh-Universitas Kasetsart Thailand Kerja Sama Gelar Konferensi Internasional

Rabu, 25 April 2018 | 13:47 Wita - Editor: Baharuddin - Reporter: Muhammad Fardi - GoSulsel.com

Makassar, GoSulsel.com – Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Muhammadiyah (Unismuh) Makassar dengan Political Science Association of Kasetsart University (PSAKU), Thailand bekerjasama menyelenggarakan 9th ASEAN Conference on Humanities and Social Sciences.

Kegiatan ini berlangsung 25 sampai 28 April 2018, di Lantai 17 Menara Iqra Unismuh Makassar, di Jl Sultan Alauddin, Makassar, Senin (25/4/2018).

Kegiatan ini di ikuti presenter dari perguruan tinggi berbagai negara, seperti Thailand, Filipina, Bangladesh, India, Rusia, Ghana, dan Indonesia. Forum konferensi menjadi wadah di diseminasi riset dari para peneliti, sebelum hasilnya di publikasi pada jurnal-jurnal terindeks dan bereputasi.

Kegiatan merupakan tindak lanjut kerjasama yang telah di bangun FISIP Unismuh dan PSAKU Thailand sebelumnya. Selain kerjasama penyelenggaraan konferensi, sejak tahun kedua belah pihak juga telah berkolaborasi dalam pengelolaan jurnal, yakni Asian Political Science Review (APSR).

Andi Luhur Prianto, Wakil Dekan 2 FISIP Unismuh Makassar, yang bertindak sebagai penanggung jawab acara mengatakan, dalam waktu dekat, pihaknya akan menjadikan PSAKU sebagai mitra yang strategis.

“Kami punya kerja sama yang strategis dengan PSAKU. Dalam waktu dekat, kami akan menjadikan PSAKU menjadi mitra strategis dalam internasionalisasi program studi Ilmu Administrasi Negara dan Ilmu Pemerintahan di lingkungan FISIP Unismuh,” kata Luhur.

PSAKU akan menjadi mitra dalam kegiatan pertukaran mahasiswa dan dosen, selain di kolaborasi riset. Keanggotaan PSAKU yang luas dan bereputasi global menjadi pintu masuk pada atmosfir akademik global.

Dr. H. Abd. Rahman Rahim, rektor Universitas Muhammadiyah Makassar, menyambut baik inisiatif dari FISIP Unismuh ini.

“Setelah terakreditasi A (Unggul), kita memang mendorong supaya program studi di lingkungan FISIP Unismuh naik ke persaingan yang lebih tinggi. Masuk pada arena interaksi akademik global, sehingga berdampak pada perbaikan tata kelola dan akreditasi institusi,” kata Rahman Rahim dalam arahannya.

Dia melanjutkan, saat ini Unismuh Makassar sedang fokus pada pengembangan mutu dan tata kelola institusi untuk mencapai akreditasi unggul.

PSAKU termasuk institusi yang sangat aktif melakukan konferensi bersama dengan perguruan bereputasi di di dunia. Tahun ini PSAKU, telah mengadakan konferensi di Palermo, Italia.

Kemudian Yonsei University, Korea Selatan, dan akan melakukan kegiatan yang sama di Swiss, Belgia, dan juga di Massey University, Selandia Baru. Universitas Muhammadiyah Makassar menjadi satu-satunya mitra PSAKU di Indonesia.(*)


BACA JUGA