Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Universitas Muhammadiyah (Unismuh) Makassar mengkaji aspek-aspek sosial politik dan tata kelola bencana di Minahal, Gedung Al Iqra Lt 5, Jalan Sultan Alauddin, Makassar, Senin (14/1/2019).

Fisip Unismuh Kerjasama Penelitian dengan Tohoku University Jepang

Senin, 14 Januari 2019 | 18:48 Wita - Editor: Irwan Idris - Reporter: Muhammad Fardi - GoSulsel.com

MAKASSAR, GOSULSEL.COM – Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Universitas Muhammadiyah (Unismuh) Makassar mengkaji aspek-aspek sosial politik dan tata kelola bencana di Minahal, Gedung Al Iqra Lt 5, Jalan Sultan Alauddin, Makassar, Senin (14/1/2019).

Kegiatan itu dikemas dalam bentuk “Visiting Professor; Disaster Governance in Vulnarable Society”, dengan mendatangkan pakar terkemuka, yakni ahli Human Security dari Tohoku University Jepang Profesor Dr. Dinil Pushpalal dan ahli System Thinking dari Institut Pertanian Bogor, Indonesia, Profesor Dr. Musa Hubeis.

Dekan FISIP Unismuh, Dr. Ihyani Malik mengatakan, kegiatan ini merupakan ikhtiar civitas akademik FISIP Unismuh untuk menciptakan ekosistem akademik yang bereputasi global.

“Kegiatan kuliah pakar seperti ini menjadi ikhtiar kami untuk terus menciptakan ekosistem akademik yang bereputasi global,” kata Ihyani.



Lebih lanjut dia berharap, agar ada kerjasama yang lebih intensif dengan pihak Tohoku University. Terutama dalam upaya mengarusutamakan perspektif Human Security dalam manajemen bencana.

“Kami menilai kajian Human Security ini belum cukup berkembang di Indonesia,” kata dia.

Untuk diketahui, kegiatan kuliah tamu profesor ini juga di rangkaikan dengan pembentukan gugus riset ilmu sosial politik tentang Human Security Dalam Tata Kelola Bencana, kerjasama FISIP Unismuh dengan Tohoku University Jepang, serta kemungkinan pengembangannya di lembaga seperti IPB, Universitas Tadulako, LIPI dan STAIN Sorong.

Kedua profesor tamu itu juga telah mengisi kuliah di kelas internasional pada program studi Ilmu Administrasi Negara dan Program Studi Ilmu Pemerintahan.(*)


BACA JUGA