Jaringan Internet Lelet, UNBK Siswa SMP di Dusun Terpencil Sinjai Gunakan Modem

Kamis, 26 April 2018 | 18:59 Wita - Editor: Baharuddin - Reporter: Citizen Reporter

Sinjai,GoSulsel.com – Siswa SMP di Sinjai sukses menggelar Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) yang digelar sejak Senin-Kamis 23-26 April 2018. Meski pelaksanaannya menggunakan modem karena jaringan internet lelet.

Dari puluhan SMP dan sederajat yang tersebar di 9 kecamatan, tercatat hanya tujuh sekolah yang menggelar Ujian Nasional Berbasis Komputer.

SMP Negeri 4 Tellulimpoe, salah satu sekolah di Sinjai yang menggelar UNBK. Sekolah ini berhasil menyelenggarakan ujian menggunakan komputer selama empat hari meski dengan berbagai macam kendala seperti jaringan internet yang lambat.

SMP Negeri 4 Tellulimpoe terletak di kampung terpencil Dusun Erasa, Desa Erabaru yang berjarak kurang lebih 30 kilometer dari ibu kota Kabupaten Sinjai.

Untuk mendapatkan jaringan internet yang baik di lokasi ini, pihak sekolah pun membeli empat jenis modem.

“Kami mencoba empat jenis modem untuk jaringan, kami tes semua dan modem yang keempat baru dapat signal bagus, soalnya lokasi sekolah ini berada di dusun terpencil, jauh dari kota Sinjai,” kata Kepala SMP Negeri 4 Tellulimpoe, Abdul Rasyid, Kamis 26 April 2018.

Menurut Abdul Rasyid, pihaknya juga menyiapkan genset untuk mengantisipasi pemadaman listrik. “Kalau listrik padam server rawan rusak, makanya kami menyiapkan genset, dan alhamdulillah kami berhasil menyelenggarakan UNBK selama empat hari,” katanya.

Sebelumnya, SMP Negeri 4 Tellulimpoe mencatat sebanyak 43 peserta UNBK namun tiga siswa diantaranya dinyatakan tidak menghadiri ujian sejak hari pertama. Abdul Rasyid berharap ke depan jaringan internet di Desa Erabaru, Kecamatan Tellulimpoe, bertambah baik sehingga pelaksanaan UNBK tahun depan di sekolah ini lebih lancar lagi.(*)


BACA JUGA