Sambut Hardiknas, SMKN 8 Makassar Bakal Buat Rekor MURI

Jumat, 27 April 2018 | 20:03 Wita - Editor: Irfan Wahab - Reporter: Mirsan - Go Cakrawala

Makassar, Gosulsel.com — Menjelang peringatan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) 2 Mei mendatang, siswa SMKN 8 Makassar akan membuat rekor MURI. Rekor ini berkaitan dengan pakaian adat Baju Bodo dan makanan khas Sulsel, pisang ijo.

Kepala Dinas Pendidikan Sulsel Irman Yasin Limpo mengatakan selain melaksanakan upacara, nantinya akan ada kirab pelajar. Dalam kirab ini akan diikuti 2000 lebih pelajar yang memakai Baju Bodo.

“Ini akan memecahkan jumlah peserta yang memakai pakaian adat terbanyak, yang sebelumnya ada di Padang, Sumatera Barat. Selain jumlah, saat ini kita lagi membuat Baju Bodo raksasa,” kata None panggilan akrab Irman YL saat ditemui di SMKN 8 Makassar.

Untuk baju bodo raksasa yang dibuat memakai bahan kain dengan panjang 69 meter. Ukuran lebarnya 4,75 meter dengan panjang 8 meter.

Sementara untuk pisang ijo yang dibuat, akan memiliki ukuran panjang 8 meter dengan lebar dan tinggi sekitar 1,5 meter. Ini merupakan ukuran terbesar yang akan masuk rekor MURI.

“Semuanya dibuat oleh siswa, khusus untuk baju bodo dikerjakan oleh jurusan tata busana. Kalau untuk pisang ijo semua siswa kita libatkan,” tambah, Kepala Sekolah SMKN 8 Makassar, Asnah Baharuddin. (*)


BACA JUGA