Perjuangkan Hak Buruh & Pekerja, Plt Wali Kota Makassar Ikut Berorasi di Atas Truk

Selasa, 01 Mei 2018 | 17:26 Wita - Editor: Baharuddin - Reporter: A Nita Purnama - GoSulsel.com

Makassar, Gosulsel.com – Memperingati Hari Buruh Atau May Day, 1 Mei 2018, Pelaksana Tugas (Plt) Wali Kota Makassar Dr Syamsu Rizal MI, terjun langsung memantau aksi unjuk rasa di depan Monumen Mandala, Jl Jenderal Sudirman, Makassar, Selasa (1/5/2018) siang.

Pria yang akrab disapa Deng Ical itu tiba di Monumen Mandala pukul 11.40 Wita, dengan menggunakan pakaian dinas harian (PDH) lengkap, dan didampingi oleh kepala dinas tenaga kerja (Disnaker) kota Makassar, Irwan Bangsawan.

Sesaat tiba dilokasi, pria yang dijuluki somberena Makassar itu langsung ikut berbaur bersama ratusan buruh dan pekerja yang sudah sejak pagi memadati monumen mandala.

Tampak, berbagai aliansi serikat buruh dan pekerja hadir untuk melakukan aksi unjuk rasa hari buruh antara lain yaitu Gabungan serikat mandiri Indonesia (GSMBI), serikat pekerja transportasi Indonesia (SPTI), serikat pekerja maritim Indonesia (SPMI) dan beberapa aliansi buruh lainnya di Sulawesi Selatan dan kota Makassar.

Dalam kesempatan tersebut, Syamsu Rizal sapaan akrab Deng Ical ikut menyuarakan orasi dihadapan ratusan buruh yang dikawal ketat oleh pihak Kepolisian dan TNI.

Dalam orasinya, Deng Ical menyampaikan terima kasih kepada seluruh aliansi serikat buruh dan pekerja yang melakukan aksi unjuk rasa secara santun dan baik, tanpa ada sedikit pun keributan.

“Kalau didaerah lain biasanya memperingati hari buruh dengan keributan, tapi di kota Makassar alhamdulillah dilakukan dengan baik dan damai,” ujar Deng Ical.

Bagi Deng Ical, aksi unjuk rasa yang dilakukan buruh dalam bentuk orasi di tengah jalan merupakan suatu hal yang wajar untuk memperjuangkan hak-hak mereka yang belum sepenuhnya terpenuhi.

“Tetapi terkadang ada sebagian orang yang menganggap remeh bahkan tidak memperhitungkan aspirasi yang disuarakan terkait dengan kebutuhan dan hak-hak semua buruh dan pekerja,” katanya.(*)


BACA JUGA