Pimpin Upacara Hardiknas, Ini Pesan Plt Wali Kota Makassar

Rabu, 02 Mei 2018 | 14:58 Wita - Editor: Baharuddin - Reporter: A Nita Purnama - GoSulsel.com

Makassar,Gosulsel.com – Pelaksana Tugas (Plt) Wali Kota Makassar Syamsu Rizal ‘Deng Ical’ menyebutkan jika pendidikan itu berakar kuat pada budaya.

“Budaya itulah sebenarnya yang menjadi sumber inspirasi dan daya dukung sehingga menjadi pondasi bagi kemajuan pendidikan kita di kota Makassar,” ujar Deng Ical.

Hal itu dikatakan pria yang akrab disapa Deng Ical, saat menjadi inspektur upacara hari pendidikan nasional (Hardiknas), di Lapangan Karebosi, Rabu 02/05/2018).

Oleh sebab itu, pria berlatar doktor kebijakan publik ini menekankan kepada seluruh guru untuk memberikan pelajaran kepada murid sesuai dengan karakter dan budaya orang Bugis Makassar.

“Penting untuk mengajarkan anak kita sejak dini bagaimana menghargai adat budaya dalam pendidikan yang bersandar pada kearifan lokal dan kekuatan karakter orang Bugis Makassar dan Sulawesi Selatan,” jelasnya.

“Jadi yang mesti kita pahami bersama adalah pendidikan itu bukan hanya diukur berdasarkan kecerdasan otak, nilai matematika atau bahasa inggris, akan tetapi yang dilihat itu adalah frame of reference, dan diikuti tingkah laku dan sikapnya yang menjadi ciri khas orang bugis Makassar,” tambahnya.

Lanjut, ia menjelaskan bila pendidikan berkarakter budaya itu tidak mesti mengikuti cara atau pun model belajar seperti orang di Amerika, Jakarta dan Surabaya, tetapi yang dibutuhkan saat ini adalah pendidikan yang berkarakter sombere.

“Karena percuma kita pintar kalau tidak berkarakter budaya. Tidak hormat dengan guru dan juga tidak menghargai teman kita,” ucapnya.

Deng Ical pun mengigatkan kepada seluruh guru agar dalam memberikan penilaian tidak dilihat dari aspek-aspek keilmuan dan kepintarannya saja.

“Karena yang terpenting dalam pendidikan itu adalah bagaimana mendorong anak-anak kita ini, agar bisa benar-benar memahami pelajaran dan lingkungan strategisnya. Sehingga mereka nantinya bisa benar-benar menjadi generasi yang unggul,” tutupnya.(*)


BACA JUGA