Pramuka UIN Alauddin Makassar Ikuti PW PTK Nasional di Riau

Kamis, 03 Mei 2018 | 15:32 Wita - Editor: Irwan Idris - Reporter: Junaid - Gosulsel.com

PEKANBARU, Gosulsel.com – Sejumlah anggota Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM)  Pramuka Universitas Islam Negeri (UIN) Alauddin Makassar mengikuti Perkemahan Wirakarya Perguruan Tinggi Keagamaan (PW PTK) di Pekan Baru Riau, 2 – 10 Mei 2018.

Perkemahan tersebut merupakan ajang pertemuan dua tahunan antar Pramuka Perguruan Tinggi Agama Islam Negeri (PTAIN). Kegiatan yang dipusatkan di Kampus UIN Sultan Syarief Kasim (SUSKA) Riau dibuka langsung oleh Menteri Agama RI, Lukman Hakim Syaifuddin, Kamis (2/5/2018).

Dalam sambutannya, Lukman Hakim Syaifuddin meminta kepada seluruh peserta perkemahan untuk menjadi agen Islam Wasathiyah d tengah-tengah masyarakat dan tidak terlibat dalam kelompok ekstrimis.

“Peserta PTKIN (Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri) tidak ada satupun yang terlibat pada ekstrimis tetapi kita harus mewujudkan Islam washatiyah, mendiseminasikan nilai-nilai pluralis dalam nilai-nilai kepramukaan serta merevitalisasi nilai-nilai Pramuka yang inovatif,” ungkap Lukman Hakim Syaifuddin di depan ribuan peserta PW PTK.

Dihubungi via elektronik, Wakil Rektor III Bidang Kemahasiswaan UIN Alauddin Makassar, Prof. Hj. Siti Aisyah, M.A., Ph.D yang juga sebagai pimpinan kontingen mengatakan akan mendukung kegiatan tersebut sampai selesai.

“UIN Alauddin terlibat penuh mendukung kegiatan ini dan ikut berpartisipasi mensukseskan seluruh rangkaian acara,” katanya.

“Dan kegiatan nasional ini semoga saja bisa memberi kontribusi bagi pengembangan kegiatan keislaman yang mendorong Islam wasatiyah seperti pesan pak Menteri” lanjutnya yang juga merupakan Ketuan Majelis Pembimbing Harian (Kamabihari) Pramuka UIN Alauddin Makassar.

Sementara itu, Pembina Pramuka UIN Alauddin Makassar, Dr. Muhammad Shuhufi, M.Ag yang ikut mendampingi Pramuka UIN berharap agar anggota pramuka UIN Alauddin Makassar memanfaatkan kegiatan tersebut dengan banyak belajar di setiap kegiatan.

“Bagi mahasiswa dalam hal ini Pramuka UIN Alauddin yang ikut diharapkan menimba banyak pengalaman, khususnya model pengabdian masyarakat bagi Pramuka, ini dilakukan dalam rangkaian home stay,” katanya saat dihubungi Gosulsel.com melalui telepon seluler.

Kegiatan ini juga dihadiri langsung oleh Rektor UIN Alauddin Makassar Prof. H. Musafir Pababbari, M.Si., Ketua Kontingen Prof. Siti Aisyah, MA , Ph.D, Pembina Pramuka dan Ketua Gudep 10 073 – 10-074 Almaida UIN Alauddin Makassar.

Sekedar diketahui bahwa pelopor PW PTK se Indonesia pertama tersebut adalah UIN Alauddin Makassar yang saat itu dilaksanakan di Kabupaten Bulukumba dan dijadikan sebagai PW PTK pertama.(*)


BACA JUGA