Deng Ical Jadi Pemateri di Workshop Maritime Local Governmentd Network

Selasa, 08 Mei 2018 | 19:11 Wita - Editor: Baharuddin - Reporter: A Nita Purnama - GoSulsel.com

Makassar,Gosulsel.com – Pelaksana Tugas (Plt) Wali Kota Makassar Dr Syamsu Rizal MI, menjadi pemateri pada acara “Maritime Local Governments Network Workshop”, di Hotel Grand Sahid Jakarta, Selasa (08/05/2018). Acara ini digelar oleh Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman RI.

Selain Deng Ical, juga ada beberapa kepala daerah lainnya yang menjadi pemateri dalam acara tersebut, antara lain Bupati Buleleng Bali, I Putu Agus Suradnyana Wali Kota Alotau Papua Nugini, Gita Elliot dan beberapa pemateri lainnya.

Pria berlatar doktor kebijakan publik itu menjadi pemateri pada sesi ‘The role of local governments in sustainable fisheries management in coral triangle region’.

Dalam materinya Deng Ical menyampaikan bahwa khusus untuk pengelolaan perikanan dan kawasan di kota Makassar terutama dalam konteks strategi pengelolaan perikanan yang berkelanjutan adalah sebuah hal yang menjadi komitmen dan visi pemerintah kota Makassar dalam mewujudkan Makassar kota dunia nyaman untuk semua.

“Dalam konteks kebijakan pemerintah kota Makassar itu memiliki konsentrasi yang sangat tinggi, karena luas kota Makassar itu daratannya 175 km dan lautannya 1,6 km bujur sangkar,” ujarnya. 

Berdasarkan perbandingan itu, menurut Deng Ical pengelolaan kawasan kepulauan dan kawasan pesisir itu menjadi sebuah kebijakan yang strategis.

Hingga kini, kata Deng Ical telah terjalin kerjasama dengan berbagai instansi, dan dilakukan kegiatan konservasi terutama dalam konteks pembuatan aktivisial fising ground dan aktivisial ekosistem dikawasan  pulau itu dengan melakukan penanaman mangrove dan rehabilitasi terumbu karang.

“Hal ini bukan hanya dilakukan oleh pemkot makassar tetapi beberapa pengiat sosial lainnya,” tambahnya. 

Hingga kini, setelah 6 bulan kemudian akan nampak pertumbuhan karang sudah mulai kelihatan dan ini juga menjadi pertumbuhan yang alami.(*)


BACA JUGA