Ramadhan, ACT Prioritas Bantuan ke Wilayah Kumuh di Makassar

Kamis, 10 Mei 2018 | 06:33 Wita - Editor: Baharuddin - Reporter: A Nita Purnama - GoSulsel.com

Makassar, Gosulsel.com – Aksi Cepat Tanggap (ACT) Sulsel akan mengadakan berbagai program selama bulan Ramadhan. Program tersebut diantaranya memberikan bantuan kepada masyarakat pra-sejahtera di Makassar.

Tim program ACT Sulsel Nur Ali Akbar, menjelaskan program-program Ramadhan ACT menyasar masyarakat pra-sejahtera di tepian negeri Indonesia serta korban krisis kemanusiaan di negara konflik. Mayoritas program yang diselenggarakan fokus pada kebutuhan pangan para penerima manfaat selama Ramadhan dan Idul Fitri.

“Di dalam negeri, kita memiliki program Humanity Food Truck (HFT), truk layanan makanan gratis untuk warga paling membutuhkan. Insya Allah, Ramadhan nanti Humanity Food Truck akan berkeliling ke wilayah pra-sejahtera di Makassar,” jelasnya.

Sebanyak 25 titik yang tersebar di 14 kecamatan di kota Makassar yang tergolong kumuh akan diberikan bantuan. Selama bulan Ramadhan, ACT akan memberikan bantuan setiap hari kepada masyarakat di daerah tersebut.

“Titik-titik yang kami tetapkan ada 25 titik dari seluruh kecamatan di beberapa kelurahan. Kami sudah survei langsung kelayakannya. Angka kemiskinan yang paling tinggi di Kecamatan Ujung Tanah. Tingkat kemiskinan di Ujung Tanah sangat tinggi,” jelasnya.

HFT akan menyediakan makanan berbuka puasa gratis untuk masyarakat pra-sejahtera. Akan ada pula Humanity Food Van, miniatur HFT yang juga akan hadir di 14 kota di Indonesia selama Ramadhan.

“Prioritas buka puasa. Kami siapkan setiap hari 100-200 paket melakui food van. Selain buka puasa tentunya paket pangan sembako. Ini kerjasama dengan belibeli.com. Secara nasional 1000 paket akan disitribusikan,” pungkasnya.(*)  


BACA JUGA