Sajikan Coto, Pramuka UIN Makassar Raih Penghargaan di Riau

Jumat, 11 Mei 2018 | 06:45 Wita - Editor: Baharuddin - Reporter: Junaid - Gosulsel.com

Pekanbaru,Gosulsel.com – Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Pramuka Universitas Islam Negeri (UIN) Alauddin Makassar, berhasil meraih penghargaan pada pameran Kuliner Nusantara di Perkemahan Wirakarya Perguruan Tinggi Keagamaan (PW PTK) se Indonesia, pekan lalu. Karena sajian coto Makassar. 

Salah satu agenda kegiatan pada PW PTK se Indonesai di Riau, adalah kuliner Nusantara. Seluruh Pramuka Perguruan Tinggi Agama Islam Negeri (PTAIN) yang menjadi peserta PW PTK menyajikan makanan khas daerah masing-masing.

Pramuka UIN Alauddin Makassar yang ikut dalam Kuliner Nusantara tersebut menyajikan salah satu makanan khas Makassar yaitu Coto Makassar. Pada kegitatan tersebut, rasa dan tampilannya berhasil memikat dewan juri. 

Rosmayasari salah satu anggota Pramuka UIN Alauddin Makassar yang mengikuti Kuliner Nusantara tersebut, mengatkan bahwa selain rasanya yang enak, coto yang disajikan juga memenuhi standar lomba kuliner yang ditetapkan oleh panitia pelaksana.

“Selain memang cita rasanya yang enak, masakan yang kami sajikan juga memenuhi persyaratan lomba kuliner yang diinstruksikan oleh panitia. Persentasi dari penyaji yang menggunakan baju ada khas Makassar yang memberikan penjelas yang baik, jelas dan unik sehingga menambah angka penilaian,” ungkap Maya sapaan akrabnya.

Selain menyajikan Coto sebagai makanan khas Makassar, Pramuka UIN juga menyajikan kue khas Makassar yaitu kue la’bu palu dan mengkombinasikan makanan khas Riau dengan makanan Khas Makassar, yaitu makanan khas Riau yang terbuat dari sagu (mie sagu) yang diolah menjadi rolade mie sagu dengan saus (cobe) dari istilah makassar. 

Penghargaan tersebut di terima oleh Pramuka UIN Alauddin Makassar pada acara penutupan PW PTK ke XIV di UIN Sultan Syarief Kasim (SUSKA) Pekanbaru, Riau, Kamis (10/5/2018).(*)


BACA JUGA