Ichsan Yasin Limpo (IYL) bersama Pakar Ekonomi dan Bisnis dari Unhas, Prof Dr Marzuki DEA saat berbincang hangat di salah satu Restoran di Makassar, Rabu (11/07/17) malam.

Pakar Ekonomi Sebut Program IYL-Cakka Dibutuhkan Sulsel

Jumat, 25 Mei 2018 | 16:35 Wita - Editor: Irwan AR - Reporter: Muhammad Fardi - GoSulsel.com

MAKASSAR, GOSULSEL.COM – Program unggulan pasangan calon Gubernur dan Wakil Gubernur Sulsel, Ichsan Yasin Limpo-Andi Mudzakkar (IYL-Cakka) kembali mendapat apresiasi dari kalangan pakar dan akademisi.

Kali ini pakar ekonomi Universitas Hasanuddin (Unhas), Prof Marzuki Dea menilai salah satu program duet nomor 4 itu sangat dibutuhkan Sulawesi Selatan saat ini. Program yang dimaksud adalah program rumah produktif berbasis desa yang akan dibangun di setiap kecamatan di Sulsel.

Program Rumah Produktif IYL-Cakka memang sangat dinantikan warga. Di rumah produktif bagi pelaku usaha pemula akan diberikan pendampingan kreatifitas membangun industri. Tidak hanya itu saja, akan tetapi dilengkapi dengan modal usaha.

“Program kerja yang berbasis ekonomi rakyat, seperti misalnya program rumah produktif cukup relevan dan dapat dijadikan model pembangunan yang menyertakan rakyat, dalam proses ekonomi dan bisnis sesuai potensi lokal masing-masing wilayah di Sulsel,” kata Marzuki Dea, Jumat (25/5/2018).

Dia mengatakan, program ini memang benar-benar layak dikategorikan unggalan. Pasalnya menyangkut kenutuhan rakyat dan daerah. Ditengah persaingan usaha yang ketat, rumah produktif akan mampu mengekspose dan membantu pengusaha lokal.

Tidak hanya itu saja, akan tetapi melalui program ini dipastikan akan menekan angka pengangguran. Pasalnya, jika ada beberapa industri yang terbangun, maka pasti membutuhkan tenaga kerja.

“Dapat menjadi model unggulan. Karena secara tidak langsu berarti dapat mengurangi pengangguran dan sekaligus kemiskinan di masing-masing wilayah, dimana program tersebut dilaksanakan,” tandasnya.(*)


BACA JUGA