Harga BBNKB Turun, Dealer Akui Ada Peningkatan Pejualan Kendaraan

Rabu, 30 Mei 2018 | 22:25 Wita - Editor: Irfan Wahab - Reporter: Junaid - Gosulsel.com

Makassar, Gosulsel.com – Selain penurunan pajak progresif awal Januari 2018 lalu, Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Provinsi Sulawesi Selatan juga menurunkan bea balik nama kendaraan bermotor (BBNKB).

Penurunan BBNKB tersebut dari 12.5 persen menjadi 10 persen sama halnya di DKI Jakarta.

Selain itu, penurunan BBNKB tersebut membuat harga kendaraan di Sulsel menyamai harga kendaraan di DKI Jakarta.

Penurunan BBNKB juga dirasakan oleh beberapa Dealer di Makassar, seperti yang di ungkapkan oleh CEO Kalla Toyota, Hariadi Kaimuddin saat menghadiri Sosialisasi Permendagri Nomor 33 Tahun 2018 tentang Perubahan Atas Permendagri No 5 Tahun 2018 tentang Perhitungan Nilai Jual Kendaraan Bermotor Sebagai Dasar Penetapan PKB dan BBNKB Tahun 2018 di Kantor Bapenda Sulsel, di Kantor Bapenda Sulsel, Selasa (29/5/2018).

Menurutnya, dengan penurunan BBNKB yang membuat harga kendaraan di Jakarta dan di Sulsel sama ini juga membuat terjadinya peningkatan penjualan kendaraan di dealer Makassar. Selain itu, penurunan BBNKB juga membuat persaingan antar dealer.

“Minimal levelnya sudah seimbang. Tinggal kami yang harus berjuang dengan perusahaan di Jakarta. Termasuk untuk membendung kendaraan dari luar Sulsel,” kata Hariadi.

Sementara itu, Kepala Bapenda Sulsel, Tautoto Tanaranggina berharap dengan pemberlakuan aturan terbaru ini, pembelian kendaraan di luar Makassar bisa dikurangi. Karena itu, pihaknya berharap dealer bisa ikut mensosialisasikan pengurangan pajak ini. (*)


BACA JUGA