Penjabat Gubernur Sulsel Puji Bupati Gowa di Penutupan Festival Bedug

Sabtu, 09 Juni 2018 | 21:12 Wita - Editor: Baharuddin - Reporter: Afrilian Cahaya Putri - GoSulsel.com

Gowa, Gosulsel.com – Penjabat Gubernur Sulsel, Sumarsono memuji Bupati Gowa, Adnan Purichta Ichsan Yasin Limpo dalam penutupan festival bedug, di gedung H Bate, Sungguminasa, pada Jumat (8/6/2018) malam. 

“Adnan merupakan sosok pemimpin masa depan yang luar biasa. Cerdas, kebetulan saya adalah promotornya pada program doktor yang diambil,” kata Soni.

Soni juga mengakui, Gowa saat ini menjadi sorotan Nasional, mengingat segudang prestasi yang telah diraih. 

“Gowa menjadi sorotan nasional, dan meraih prestasi yang baik. Kabupaten ini salah satu daerah otonomi percontohan di Indonesia. Olehnya itu, daerah ini harus terus didorong untuk maju. Alhamduliilah Gowa pemimpinnya baik dan kuat,  kita syukuri bersama,” mantan Pj Gubernur Sulsel disambut riuh tepuk tangan masyarakat. 

Menurut dia, festival bedug ini merupakan event yang menggabungkan nilai agama dan budaya. Dua nilai inilah yang ditunjukkan dengan performance luar biasa melalui tabu beduk, dengan variasi dan kreatifitas sehingga menghasilkan suatu seni.

“Saya berharap mudah-mudahan ini bisa berlanjut setiap tahun, selamat untuk Pemkab Gowa dan warga Gowa yang berhasil mengembangkan bedug ini dan juga luar biasa membangun Gowa menjadi berhasil dan maju seperti sekarang,” harapnya. 

Sementara itu, Bupati Adnan  mengatakan, Pelaksanaan Festival bedug ini rutin dilaksanakan setiap tahunnya pada bulan ramadhan, berlangsung empat hari sejak 5 Juni lalu.

Tak hanya itu, Festival ini digelar dengan tujuan untuk melestarikan seni budaya tradisional yang bernuansa religius agar generasi muda islam bisa mengenal dan mengetahui seni budaya tradisional itu sendiri.

“Bedug ini diibaratkan sebagai syiar agama islam di Nusantara, makanya kita laksanakan ini agar generasi muda kita paham betul tentang simbol umat islam yang menjadi motivasi dalam disiplin waktu, dibuktikan dengan pukulan bedug yang mendahuli kumandan Adzan disetiap waktu, ” jelas Bupati termuda Sekawasan Indonesia Timur itu. 

Sekedar diketahui pada perhelatan ini menghasilkan Juara Pertama dengan kategori profesional yakni nomor urut empat dari Kabupaten Maros dan berhasil membawa pulang uang tunai senilai Rp 30 Juta.

pt-vale-indonesia

Juara kedua dari Dinas Pendidikan Kabupaten Gowa berhadiah sepeda motor, juara Ketiga Al Makassari Sungguminasa, juara harapan satu Badan Pendapatan Daerah (BPD) Kabupaten Gowa, juara harapan dua Kalegowa Art, dan harapan tiga Dinas pemberdayaan Masyarakat dan Desa.

Tak hanya Gubernur Sulawesi Selatan, Penutupan Festival Beduk ini juga dihadiri Ketua DPRD Kabupaten Gowa, Sekretaris Daerah Kabupaten Gowa, Kepala Kantor Kementerian Agama Kabuoaten Gowa, Ketua TP PKK Kabupaten Gowa dan Pimpinan SKPD lingkup Pemkab Gowa.(*)


BACA JUGA