Dianugerahi Doktor Honoris Causa, Wapres JK Ungkap Sejarahnya dengan UMI

Sabtu, 23 Juni 2018 | 16:13 Wita - Editor: Baharuddin - Reporter: A Nita Purnama - GoSulsel.com

Makassar, Gosulsel.com – Wapres RI, Muhammad Jusuf Kalla (JK) dianugerahi penghargaan Doktor Honoris Causa dalam bidang pemikiran politik Islam. Pemberian gelar tersebut dan penyematan peniti emas digelar, di Auditorium Aljibra Kampus II UMI Makassar, Sabtu (23/06/2018).

Jejak karir Wapres JK juga tercatat di universitas swasta terbesar di Indonesia Timur tersebut. Ia pernah menjadi pengajar dan menjabat sebagai Ketua Yayasan Wakaf UMI pada 1992 – 1994.

“Waktu saya ingin diberi gelar, saya menolak karena saya seperti orang dalam. Karena saya pernah mengajar di UMI, saya pernah jadi asisten dosen karena dosennya tidak pernah hadir jadi saya terus mengajar, tapi honornya kecil,” ungkapnya diikuti tawa dari para hadirin mendengar kelakarnya.

Ia menceritakan saat menjadi asisten dosen di kampus UMI bahwa ada tiga orang mahasiswanya yang memberi dorongan untuk membangun UMI, yang kemudian merekalah yang menjadi orang penting dalam perkembangan UMI.

“Saya jadi pimpinan yayasan UMI ditengah-tengah krisis yang panjang. Tapi dengan dorongan mahasiswa, kami berusaha utamanya untuk membangun kampus ini tanpa modal,” lanjutnya.

Diceritakannya, yang paling istimewa dari pengalamannya di UMI yaitu ia bertemu dengan seorang wanita yang akhirnya menjadi teman hidupnya. Baginya, Mufidah Kalla merupakan seorang istri yang membuat hidupnya meraih seperti sekarang ini.

“Tapi yang lebih penting lagi, ada juga mahasiswa saya pada waktu itu yang sekarang menjadi istri saya. Jadi hubungan UMI dengan saya luar dalam, di samping mengajar mendapat juga mahasiswanya. Itu yang lebih penting karena itu yang menentukan hidup saya,” tutupnya.(*) 


BACA JUGA