Luar Biasa, Ekspor Sulsel Dua Kali Lebih Besar Dibanding Nasional

Selasa, 26 Juni 2018 | 01:54 Wita - Editor: Irwan Idris - Reporter: A Nita Purnama - GoSulsel.com

Makassar, Gosulsel.com – Nilai ekspor Sulawesi Selatan pada bulan Mei 2018 mengalami peningkatan 20,93%, sementara Nasional hanya 10,9%. Ini berarti nilai ekspor Sulsel dua kali lebih besar dibanding ekspor Nasional.

“Ekspor di Mei luar biasa karena mengalami kenaikan 21% dibanding April. Sementara nasional peningkatannya mtm (mounth to mounth), April ke Mei, hanya 10,9%. Artinya peningkatan ekspor Sulsel di Mei dua kali lebih besar dari ekspor nasional,” ujar Kepala Badan Pusat Statistik Sulsel, Nursam Salam.

Nilai ekspor komoditi yang dikirim melalui pelabuhan Sulawesi pada bulan Mei 2018 tercatat mencapai US$ 105,47 juta. Angka tersebut meningkat dari capaian bulan sebelumnya yang hanya US$ 87,22 juta.

“Yoy pada posisi Mei, Sulsel juga meningkat hampir sama dengan mtm, sebesar 20,57%. Sementara nasional hanya 12,47%. Jadi untuk Mei baik mtm yoy perkembangan ekspor Sulsel dua kali lebih besar ketimbang nasional (secara presentase),” jelasnya.

Kodomiti unggulan yang di ekspor Sulsel pada bulan Mei 2018 yaitu nikel; biji-bijian berminyak dan tanaman obat; kayu dan barang dari kayu; garam, belerang, dan kapur; serta ikan, udang, dan hewan air tidak bertulang belakang.

“Nikel seluruhnya diekspor ke Jepang. Kedua terbesar biji-bijian berminyak dan tanaman obat-obatan sebagian besar di ekspor ke Tiongkok, kayu dan bahan dari kayu sebagian besar di ekspor ke Amerika, garam belerang dan kapur seluruhnya diekspor ke Bangladesh. Ikan, udang, hewan air tidak bertulang belakang sebagian besar ke Jepang,” paparnya.(*)


BACA JUGA