Partisipasi Pemilih di Gowa Meningkat, Ini Tanggapan Bupati

Sabtu, 30 Juni 2018 | 20:31 Wita - Editor: Baharuddin - Reporter: Afrilian Cahaya Putri - GoSulsel.com

Gowa, Gosulsel.com – Upaya Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gowa meningkatkan angka partisipasi Pilgub berhasil. Berdasarkan angka yang dirilis Komisi Pemilihan Umum (KPU) partisipasi pemilih mencapai 70%. 

Dibandingkan dengan Pemilihan Bupati 2 tahun partisipasi pemilih hanya sekitar 60%. Bupati Gowa bersyukur angkat ini meningkat meskipun pemerintah hanya melakukan supporting seluruh kegiatan KPU.

“Usulan saya yang Alhamdulillah diterima oleh KPU dalam menambahan jumlah TPS. Kalau waktu pemilihan bupati jumlah TPSnya 1000, tahun ini jumlahnya 1.170. Itulah salah satu kesepakatan antara pemerintah dengan KPU untuk meningkatkan partisipasi pemilih,”kata Adnan. 

Dia mengatakan, Kendati masih ada sekiranya 25% yang tidak datang memilih, telah dikaji ternyata 12 % warga Gowa yang kerja di luar daerah.

“Sehingga diwaktu Senin-Selasa orang berkantor kemudian Rabu dilakukan pemilu dan mereka tidak semua pulang. Makanya, kita berharap kedepan bukan hanya penambahan TPS tetapi memang ada waktu yang dikaji sama-sama memang hari liburnya itu hari Rabu dimana Kamis juga harus kembali bekerja, karena ini cukup besar ada sekitar 12 persen lebih,” terang Adnan dihadapan media. 

Tak hanya itu, Adnan juga menuturkan, terkait para pemilih di Lapas yang sekiranya 500 Narapidana tidak mendapatkan hak pilihnya pada Pilgub 2018 lalu, menurut Adnan seharusnya dikaji oleh KPU, adanya aturan khusus untuk para Narapidana dan para pasien di RS menjadi sorotan Bupati Adnan. 

“Seharusnya ada aturan khusus yang memperbolehkan dia bisa menyalurkan hak pilihnya meskipun dia tidak memiliki KTP, mengingat dari kepolisian atau pengadilan itu biasanya sudah disita KTPnya, yang diterima kepala Lapas hanya surat perintah penahanan saja. Oleh karena itu menurut saya yang jelas Kepala Lapasnya bertanggungjawab bahwa orang tersebut warga binaannya, saya rasa itu boleh diberikan hak pilih,” tambah orang nomor satu di Gowa ini. (*)


BACA JUGA